Home / INFORMASI TERBARU / BERITA / OPTIMALISASI SDM, KA. BKD UNDANG PENGELOLA WEBSITE OPD

OPTIMALISASI SDM, KA. BKD UNDANG PENGELOLA WEBSITE OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Manajemen website organisasi perangkat daerah menjadi begitu vital , pasalnya website adalah merupakan  etalase bagi OPD untuk menginformasikan semua kegiatan dan profil OPD kepada khalayak umum. Oleh sebab itu optimalisasi website OPD menjadi target jangka pendek yang mesti dilakukan.  Berangkat dari kegundahan Plt.Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH.,MH) terhadap kualitas pengelolaan website di kabupaten Bondowoso, hari ini sebanyak kurang lebih 20 pengelola website OPD diundang untuk hadir di aula Antapura Nayaka Wibawa BKD untuk  mengikuti arahan sekaligus koordinasi.

Suasana rapat koordinasi kali ini menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dan himbauan pemerintah untuk melakukan  social distance dengan membuat formasi kursi peserta berjarak lebih dari 1 meter  antara satu dengan lainnya dan sebelum masuk ruang rapat terhadap peserta diwajibkan untuk mambasuh tangan dengan air dan sabun yang tersedia di lingkungan BKD Bondowoso.

“BKD siap memfasilitasi peningkatan kapasitas pengelola website di seluruh OPD, dengan harapan agar kualitas tayangan konten website menjadi berkualitas dan selalu update,”tukas Wawan Setiawan. Atas usulan salah satu peserta lantas Plt. Kepala BKD memanggil Kepala Bidang Diklat untuk mengkonfirmasi dan memastikan rencana kegiatan diklat Jurnalistik bagi pengelola website OPD.

Rapat Koordinasi bersama pengelola website OPD

Berdasarkan hasil pantauan Plt. Kepala BKD, hampir seluruh OPD sudah memiliki website. Namun secara umum kondisi website dibiarkan dalam kondisi merana  sampai beberapa tahun. Bahkan ada beberapa website yang tidak pernah dilakukan update sejak pertamakali dilaunching dengan  tampilan beranda yang  masih menampilkan pejabat yang sudah pindah tugas.

Sementara itu, pengelola website BKD Bondowoso (M. Munir) berkesempatan berbagi trik untuk memanage konten website dan bagaimana membuat posting konten web dibaca oleh banyak kalangan. Salah satu cara yang direkomendasikan adalah dengan mentautkan semua update konten website dengan media sosial baik halaman Facebook, Instagram maupun Twitter. “Dengan bantuan medsos maka halaman website kita akan terus dipantau oleh pemirsa karena mereka akan dipaksa untuk  setidaknya membaca meskipun informasi yang disuguhkan dinilai tidak begitu penting sekalipun,” ungkap Munir.

Plt. Kepala BKD berharap agar evaluasi keberadaan website OPD dan rapat koordinasi ini dapat menjadi awal yang baik untuk mendukung visi  dan misi Bupati dengan turut menyebarkan berita dan informasi positif kepada masyarakat Bondowoso. “Saya berharap dengan dukungan dari pengelola website pemerintah, maka kita akan dapat memenuhi hak masyarakat untuk memperoleh informasi dan mengimbangi berita negatif yang seringkali lebih menonjol dari pada berita positif,” tutup Plt. Kepala BKD. (Team)

About yuli

Berita Kami Yang Lain

Rakor Persiapan Integrasi Hasil SKD-SKB CPNS Tahun 2019

bkd.bondowosokab.go.id ~ Plt. Kepala BKD Bondowoso, (Drs. Apil Sukarwan) bersama Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *