Home / AGENDA KEGIATAN / DIKLAT PELAYANAN PUBLIK RESMI DIBUKA DAN DIMULAI

DIKLAT PELAYANAN PUBLIK RESMI DIBUKA DAN DIMULAI

bkd.bondowoso.go.id. Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pelayanan Publik resmi dimulai setelah dibuka oleh Asisten Administrasi Umum. Diklat kali ini berlangsung dengan pemberlakuan protokol kesehatan  ketat  selama lima hari dimulai sejak Senin 27 September sampai dengan 1 Oktober 2021 di Ex Aula Kehutanan dan Perkebunan Bondowoso.  Sehari sebelumnya terhadap  seluruh peserta sudah dilakukan rapid test swab antigen dan dinyatakan negatif secara keseluruhan.

Nampak hadir dalam prosesi pembukaan antara lain Kepala BKD Bondowoso (M. Asnawi Sabil, Sag,.M.Si), Widya Iswara (Dr.Arie Cahyono, SSTP,.M.Si), perwakilan  Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur (Muhadjir)  dan Asisten Administrasi Umum (Wawan Setiawan,SH,.MH) mewakili Sekretaris Daerah.

Dalam sambutannya Kepala BKD menyatakan bahwa bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara harus selalu meningkatkan kapasitas seiring dengan meningkatnya ekspektasi dan tuntutan masyarakat akan kualitas pelayanan publik. Sabil juga menyebut bahwa salah satu tolak ukur kompetensi ASN adalah kepemilikan sertifikat yang menunjukkan jam terbang pelatihan  yang akan mempengaruhi masa depan serta karir seorang ASN. “Kalian semua adalah orang yang beruntung, karena terpilih menjadi peserta, karena tidak semua mendapatkan kesempatan yang sama,” ungkap Sabil sembari berharap agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan secara disiplin sampai usai.

Mewakili BPSDM provinsi Jawa Timur Dr. Arie Cahyono menyampaikan bahwa pelayanan prima bukan hal yang mudah dan hanya dapat dilaksanakan dengan komitmen yang kuat. Arie juga menyampaikan bahwa indeks Inovasi Daerah Kabupaten Bondowoso masih perlu ditingkatkan karena Bondowoso masih masuk dalam katagori kurang inovatif. ‘Ini tantangan bagi seluruh unsur birokrasi yang terlibat di Bondowoso, bagaimana caranya dalam satu dua tahun ke depan indeks Inovasi bisa terangkat,” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Sekretaris Daerah yang berhalangan hadir Asisten Administrasi Umum,  memaparkan bahwa birokrasi harus merubah mindset dan menyadari sebagai bagian penting dari pelayan masyarakat. Diklat pelayanan publik merupakan salah satu ihtiar agar kualitas pelayanan/public services menjadi kian baik. Dengan diklat ini diharapkan seluruh peserta dapat meningkatkan kompetensi dan menjadi bagian dari upaya penting dalam pencapaian visi dan misi Bupati Bondowoso.

Kegiatan diklat diikuti oleh tiga puluh peserta yang berasal dari berbagai perangkat daerah yang terkait dengan pelayanan langsung kepada masyarakat dengan  total 54 jam pelajaran  dan dimulai  dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Asisten Administrasi Umum. (munir-BKD)

About moh. munir

Berita Kami Yang Lain

DESK EVALUASI ZONA INTEGRITAS, KEPALA BKD PAPARKAN PROGRES

bkd.bondowosokab.go.id. Kepala BKD Bondowoso, M. Asnawi Sabil hari ini paparkan progres implementasi Zona Integritas (16/11). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *