Breaking News

VISITASI DIKLAT PIM II, SASAR 2 DESA DI WILAYAH IJEN

BKD.Bondowoso.Info. Kegiatan Visitasi dalam rangka  orientasi lapangan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan  (Diklat PIM II) 2017 yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) akan berlangsung  3 – 7 April mendatang. Isu utama dalam visitasi kali ini adalah alternatif pemecahan masalah secara inovatif agar lokus (daerah/desa) yang dikunjungi semakin  mengalami kemajuan sosial ekonomi – fisik dengan memperhatihan kearifan lokal.

Dua desa yang berada di kaki gunung  kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso ditunjuk sebagai desa sasaran visitasi. Dua desa dimaksud adalah Desa Sumberrejo dan Desa Kalianyar. Sebelum kegiatan berlangsung 2 orang perwakilan dari LAN RI datang dari Jakarta menemui kepala BKD Bondowoso (Wawan Setiawan, SH,.MH) untuk mengkoordinasikan kegiatan visitasi. Dalam kunjungan pendahuluan/advance visit  di ruang kerja kepala BKD,  tim LAN menjelaskan detil kegiatan yang akan berlangsung di desa tujuan. Sedangkan kepala BKD selain memberikan arahan juga mendiskripkan kondisi lapangan sembari banyak mempromosikan potensi unggulan yang ada di sekitar ijen dan beberapa destinasi wisata yang sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia. Soal blue fire, air terjun, pemandian air panas dan wisata agro tak luput dari cerita kepala BKD.

“Saya akan segera lapor ke atasan,  kita akan atur pertemuan dengan Bapak Bupati beserta  stake holders yang lain dan  kita  akan koordinasikan dengan Camat serta kepala desa setempat untuk memfasilitasi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para peserta diklat, “ ungkap kepala BKD.

Kepala BKD menyampaikan harapan agar selepas kegiatan ada manfaat yang bisa diterapkan baik oleh pemerintah setempat maupun oleh masyarakat.

Selepas pertemuan dengan kepala BKD, Tim segera meluncur ke wilayah Ijen didampingi oleh Camat dan Sekretaris kecamatan setempat. Tim LAN juga didampingi oleh Kepala Bidang Diklat (Inengah Suwanda, S.Sos) dan beberapa Staf bidang diklat.

Tim dimanjakan oleh panorama eksotis sepanjang perjalanan menuju Ijen. Pemandangan hijau aneka vegetasi liar dan hamparan tanaman kopi menghiasi sisi kiri kanan jalan yang dilalui. Sampai di tujuan tampak deretan perkampungan penduduk yang bentuknya nyaris seragam. Maklum perkampungan yang ada di seluruh wilayah Ijen, berdiri diatas tanah negara di bawah penguasaan PTPN XII persero.

Mengingat tujuan utama dari kegiatan visitasi untuk membekali peserta dengan pengalaman, menumbuhkan kepekaan, kepedulian terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat desa serta memberikan keterampilan  dalam inovasi yang hendak diterapkan maka 18 peserta diklat akan tinggal di rumah penduduk agar dapat terlibat langsung dengan aktivitas harian masyarakat dan dapat  mengidentifikasi seluruh persoalan yang ada.(Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …