VERIFIKASI PERMASALAHAN KENAIKAN PANGKAT, BKN BERIKAN PENGARAHAN.

bkd.bondowoso.go.id. Setelah dua hari melakukan verifikasi berkas pengajuan digital kenaikan pangkat peride 1 Oktober 2017, perwakilan Badan Kepegawaian Negara Regional 2 Surabaya berikan pengarahan kepada OPD.

Pengarahan dilaksanakan setelah penyerahan SK kenaikan pangkat golongan IV dalam upacara Hari Kesadaran Nasional di halaman Pemkab Bondwoso (18/09).

Dalam sambutan pembukaan, kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,MH) memaparkan perubahan prosedur dan detil inovasi yang sudah berjalan di BKD Bondowoso. “ Kenaikan pangkat paperless sudah kita laksanakan sejak periode 1 April 2017, dan semua berkas yang dibutuhkan untuk kenaikan pangkat kita ambil dari dokumen digital yang ada di BKD, “ujar kepala BKD. “Sekarang BKN pun memberlakukan kebijakan paperless, sehingga kita harus menyiapkan berkas dalam bentuk file yang di scan dari berkas asli,” pungkasnya.

Banyak masalah yang ditemui dalam prosedur kenaikan pangkat kali ini. Seperti diketahui, sistem kenaikan pangkat  periode 1 Oktober 2017 sudah mengarah kepada prosedur paperless. Meski pada kenyatannya masih terdapat sejumlah kendala, BKD Bondowoso bersama mitranya, yakni kasubag/staf yang bertanggungjawab di bidang kepegawaian berkomitmen untuk melaksanakan prosedur paperless untuk kenaikan pangkat otomatis (KPO) dan penetapan pensiun otomatis (PPO).

Prosedur KPO dan PPO paperles mengharuskan BKD memproses kenaikan pangkat dengan menggunakan file digital (Pdf), dengan harapan sistem pengajuan menjadi lebih efektif, efisien dan akuntabel.

Drs. Suparno,MM (Kasi Mutasi Instansi Kabupaten/Kota) BKN Regional 2 Surabaya mengatakan bahwa untuk periode kenaikan pangkat 1 April 2018 sudah  wajib  full paperless. “Oleh karena itu, saya himbau kepada semua pegawai untuk segera memenuhi  kekurangan file digital yang diminta paling lambat Nopember depan,” ungkap Suparno. “ Kami berkomitmen untuk menuntaskan proses verifikasi berkas digital dari kabupaten/kota secepat mungkin, asal persyaratan lengkap dan akurat maka proses verifikasi akan berlangsung cepat,” Imbuhnya.

Disadari, banyak hambatan dalam memenuhi file scan dari berkas asli, BKN masih memberi kelonggaran kepada para penanggungjawab di bidang kepegawaian untuk menyelesaikan proses scaning data seperti yang tercantum dalam surat BKN. “Kami berharap, Desember 2017 berkas pengajuan kenaikan pangkat periode mendatang sudah beres untuk segera kami verifikasi, “ harap Suparno. ====(Munir)

About munir

Lihat Juga

DIKLAT TEKNIS BENDAHARAWAN DAERAH AKHIRNYA DITUTUP

bkd.bondowosokab.go.id. Pendidikan dan pelatihan teknis bendaharawan daerah akhirnya ditutup (05/10). Diklat  teknis berjalan selama 10 hari …