VERIFIKASI DUPAK, DORONG PEJABAT FUNGSIONAL PAHAMI TAHAPAN KENAIKAN PANGKAT

bkd.bondowosokab.go.id. Sosialisasi kegiatan verifikasi daftar usulan penilaian angka kredit (DUPAK)  bagi pejabat fungsional di lingkungan pemerintah kabupaten Bondowoso berlangsung hari ini (24/09). Acara dihadiri oleh kurang lebih seratus undangan yang terdiri pejabat fungsional dari rumpun kesehatan, pendidikan dan pertanian di aula Antapura Nayaka Wibawa Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bondowoso.

Menurut  kepala bidang pengembangan dan informasi kepegawaian (Hasan Suryadi, SE,.MSi), kegiatan verifikasi kelengkapan usulan DUPAK dilaksanakan sebagai upaya untuk mendorong para pejabat fungsional untuk lebih memahami proses kenaikan pangkat dengan angka kredit. “Kenaikan pangkat untuk pejabat fungsional berbeda dengan reguler, para pejabat fungsional dapat naik pangkat dengan syarat membuat angka kredit dan ditetapkan oleh pejabat penilai,” ungkap Hasan. Dijelaskan juga bahwa banyak perubahan yang dilakukan oleh BKD Bondowoso, menurut Hasan pelayanan BKD jauh lebih simpel, transparan dan akuntabel.

Hasan juga menyampaikan bahwa pelayanan kenaikan pangkat sudah bisa dilaksanakan secara otomatis, namun bukan berarti semua PNS hanya duduk diam tanpa proses. Proses kenaikan pangkat untuk pejabat fungsional harus didahului dengan pembuatan angka kredit yang kemudian ditetapkan oleh pejabat penilai.

Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) mengajak semua peserta untuk lebih fokus bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Sebab kemudahan yang diberikan oleh BKD Bondowoso untuk segala jenis pelayanan membuat PNS tidak lagi terbebani dengan prosedur administrasi yang berbelit. Disampaikan juga bahwa sejak satu bulan terakhir BKD Bondowoso sudah menerapkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). “Pelayanan satu pintu dilaksanakan untuk transparansi pelayanan dan mengurangi intensitas pertemuan antara pemberi dan penerima layanan,” ungkap kepala BKD.

Di akhir sambutannya, kepala BKD mengingatkan bahwa untuk kenaikan pangkat periode April 2019, seperti biasa akan dilakukan percepatan, “Mudah-mudahan paling lambat satu bulan sebelum April 2019 sudah bisa diserahkan,” pungkasnya menutup sambutan.

Sementara teknis pelaksanaan detil tentang verifikasi kelengkapan DUPAK untuk periode kenaikan pangkat April 2019 dijelaskan secara detil oleh M. Iwan Wahyudi selaku kepala sub bidang Informasi Kepegawaian. Sosialisasi akan berlangsung sampai tiga hari ke depan  dan berakhir pada hari Rabu 26 September lusa. (Munir)

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …