USAI…, SOSIALISASI PUPNS LEGAKAN SEMUA PEGAWAI

BKD-BONDOWOSO.Info. E-PUPNS 2015 masih menjadi trending topik sepanjang paruh waktu tahun ini. Selain karena menjadi kewajiban mutlak, pendataan ulang kali ini juga dilaksanakan serentak secara online dengan tenggat waktu hingga akhir desember 2015. Kegiatan yang merupakan program Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI) ini juga dinilai sarat masalah dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

http://i1379.photobucket.com/albums/ah128/m_munir1/4_zpsqypz2gtg.jpg

“E-PUPNS adalah kegiatan penting yang menjadi tanggungjawab seluruh PNS, jadi masing-masing pegawai diberi kewenangan untuk memvalidasi datanya sendiri melalui aplikasi yang sampai saat ini sering mengalami gangguan, karena kompleksitas aplikasi dan banyaknya orang yang mengakses server PUPNS secara bersamaan, sehingga terjadi fenomena bottle neck, “ Ujar Kabid Informasi Kepegawaian (Drs. Juni Sukarno, MM) – memberikan gambaran.
Menjadi lebih heboh karena ternyata menurut Perka BKN 19 Tahun 2015 menegaskan adanya sanksi pensiun dini dan pemecatan bagi PNS yang tidak mengikuti pendataan.

http://i1379.photobucket.com/albums/ah128/m_munir1/6_zpsuoykmvhu.jpg

Sosialisasi berlangsung mulai Senin (14/09) dibagi dua sesi pagi dan siang hari dan diikuti oleh seluruh verifikator level satu pada tingkat satker dan penanggungjawab kepegawaian.
Sepanjang pelaksanaan para nara sumber yang terdiri dari Indra Gunawan, S.Kom dan Iwan Wahyudi, Ssi, Msi mengalami hujan pertanyaan dari peserta. Pasalnya disamping karena banyaknya hambatan berupa keterbatasan bandwith dan tingkat kepadatan pengguna yang sangat tinggi, ternyata form isian yang harus dilakukan proses updating data juga begitu kompleks.

Keterangan yang dihimpun dari para verifikator dapat disimpulkan bahwa hambatan terbesar ada pada koneksi internet dan tingkat kepadatan akses ke server pusat sehingga membuat pekerjaan tak kunjung usai dan memberatkan. “Saya kerja lembur mas, mulai jam 02.00 sampai subuh. Lumayan sudah dapat banyak,” ujar verifikator asal UPTD Pujer.

Sosialisasi melegakan banyak pihak karena dapat menjawab kebingungan user dan verifikator. Meski dibayangi tingginya potensi gangguan dan tenggat waktu singkat, semua optimis kegiatan e-PUPNS kali ini akan selesai tepat waktu dan berhasil mencapai target updating data lebih dari 10.000 PNS se kabupaten Bondowoso.

“Memang menurut ketentuan PUPNS adalah tanggungjawab pribadi, tapi untuk pegawai yang masih gaptek tentu sangat sulit, sehingga diharapkan para verifikator dapat membantu sampai semua pegawai tuntas terdaftar dan terverifikasi, “ pungkas kabid Informasi Kepegawaian menutup acara.
Untuk informasi gangguan dan segala macam pertanyaan seputar PUPNS bisa menghubungi no dibawah ini :

082141160856 : RATIH
082318085100 : IWAN
082337034440 : INDRA

About munir

Lihat Juga

BIDAN EKS PTT KEMENKES MENJADI PESERTA PEMBEKALAN HARI KE DUA

bkd.bondowosokab.go.id. Pembekalan bagi PNS yang akan diambil sumpah memasuki hari ke dua (13/11). Masih di …