TES SKD CPNS 2018, HARI PERTAMA BERJALAN LANCAR & DAPAT KUNJUNGAN WAKIL BUPATI

bkd.bondowosokab.go.id.  Hari pertama pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seluruh formasi Kabupaten Bondowoso berlangsung lancar. Informasi yang didapat dari panitia, pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) hari ini (4 November 2018) dimulai tepat waktu yakni pukul 08.00 WIB.

Hari pertama berlangsung empat sesi dengan durasi masing-masing sesi 90 menit dan pelaksanaan sesi terakhir berakhir pukul 15.30 WIB. Jumlah persesi sebanyak 250 orang peserta dengan total peserta pada hari pertama adalah sebanyak 1000 orang. Kegiatan tes SKD untuk pelamar di kabupaten Bondowoso berlangsung di GOR Kaliwates Jember bersama beberapa kabupaten kota lainnya.

Sebelum memasuki ruangan tes, seluruh peserta melalui tahapan registrasi dengan mengisi daftar hadir dengan mencocokkan KTP dan kartu registrasi, verifikasi dan serangkaian pemeriksaan dengan perangkat metal detector oleh petugas dari satpol PP dan Polres Jember.

Setelah itu peserta memasuki ruangan tes yang langsung diawasi oleh tim dari Kantor Regional II Badan Kepegawaian Negara Surabaya. Sejenak sebelum tes dimuai seluruh peserta menerima pengarahan berupa panduan singkat tentang sistem Computer Assist Test dan informasi tentang item serta jumlah soal. Ketua tim dari BKD Regional II menyampaikan bahwa, materi tes Seleksi Kompetensi Dasar terdiri Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik  Pribadi (TKP) dengan ambang batas kelulusan (passing grade) masing- masing adalah 75, 80 dan 143.

Data yang didapat dari rekapitulasi hasil tes menunjukkan minimnya tingkat kelulusan peserta hampir di semua sesi. Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) menyampaikan apresiasi terhadap peserta yang lolos passing grade. “Saya sampaikan apresiasi terhadap yang lolos ambang batas SKD, mereka adalah orang-orang istimewa dengan tingkat  intelektualitas yang tinggi. Tinggal menunggu pengumuman selanjutnya apakah bisa berlanjut ke tahap berikutnya atau tidak,” ungkap kepala BKD.

Selain panitia yang tampak sibuk melayani peserta, tampak hadir Asisten I, Inspektur kabupaten Bondowoso, kepala bagian Hukum dan sekretaris inspektorat.

Memasuki sesi ke dua, Wakil Bupati Bondowoso (H. Irwan Bachtiar Rachmat, SE,.MSi)  hadir di lokasi ujian. Didampingi oleh Inspektur dan Kepala BKD, Wakil Bupati menerima penjelasan singkat tentang proses pelaksanaan tes SKD hari ini. Di depan layar monitor nampak Wakil Bupati mencermati hasil tes sesi pertama dan terlibat diskusi serius sembari menaggapi hasil tes yang nampaknya tidak sesuai harapan karena tingkat kelulusan yang minim.

Informasi yang di dapat dari panitia, dari kurang lebih 1000 orang peserta yang mengikuti tes SKD hari ini hanya sedikit dari peserta yang lolos passing grade. Sedangkan total peserta yang tidak hadir dalam empat sesi pada hari pertama adalah sebanyak 35 orang.

Menurut informasi dari panitia, tingkat kelulusan yang minim  lebih banyak disebabkan oleh kekurangsiapan peserta dalam mengantisipasi soal- soal yang disodorkan. “Tidak hanya untuk pelamar formasi di Bondowoso, hampir merata di seluruh Indonesia , tingkat kelulusan peserta SKD tahun ini tergolong minim, “pungkas perwakilan tim dari BKN.

Berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik dari semua unsur panitia baik dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Pemerintah Kab. Jember, Polres Jember dan banyak unsur lain yang terlibat, pelaksanaan tes SKD hari ini berjalan aman dan  lancar. (Munir).

About munir

Lihat Juga

Pedoman Penulisan Karya Tulis Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

PEDOMAN/SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS UJIAN KENAIKAN PANGKAT PENYESUAIAN IJAZAH JENJANG DIPLOMA(D.3), SARJANA (S.1) dan (S.2) …