TES KOMPETENSI BIDANG, 6 PESERTA SELEKSI JPT IKUTI SESI PENULISAN MAKALAH DAN PRESENTASI

BKD.Bondowoso.Info. Sebanyak 6 orang peserta seleksi terbuka jabatan tinggi pratama (JPT) calon kepala dinas kesehatan kabupaten Bondowoso mengikuti tahapan seleksi kompetensi bidang/ TKB (17/12). Seperti diketahui bahwa dari 7 orang pelamar jabatan lowong ka dinkes 1 orang tidak lolos persyaratan administrasi dan 6 orang melaju ke babak berikutnya.
http://i1379.photobucket.com/albums/ah128/m_munir1/IMG_0418_zpsrvfazp9t.jpg
Dalam sambutan sebelum dimulai, ketua pansel yang sekaligus Sekretaris daerah kab. Bondowoso menyampaikan bahwa seluruh rangkaian proses rekrutmen JPT sudah melalui tahapan konsultasi dengan KASN. “ Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan seleksi ini secara transparan, bertanggungjawab dan fair. Sehingga kami bisa mendapatkan calon pemangku jabatan tinggi kepala dinas kesehatan yang betul- betul kompeten, punya kapasitas, mempunyai rekam jejak yang baik dan kemampuan manajerial memadai,” ungkap ketua pansel.

Sekretaris pansel yang juga kepala BKD menyampaikan bahwa penilaian kompetensi bidang terdiri dari dua tahapan. Yang pertama adalah tahap penulisan makalah dengan tema yang sudah ditentukan berdasarkan undian sesuai nomor urut. Waktu yang disediakan untuk sesi penulisan makalah adalah 60 menit. “Pada sesi ini yang dinilai adalah kemampuan peserta untuk menuangkan ide dan gagasan serta orisinilitas tulisan dengan sistematika seperti umumnya penulisan karya ilmiah,” tukas sekretaris pansel memberikan briefing. Usai penulisan makalah para peserta diberikan waktu untuk istirahat sebelum kemudian dilanjutkan dengan sesi presentasi dengan tema yang sudah ditentukan pula.

Dalam sesi presentasi, masing – masing peserta mendapatkan tema sesuai dengan hasil undian. Sesi presentasi dan focus group discussion terbagi menjadi 10 menit presentasi dan 20 menit diskusi. Tema diskusi adalah persoalan seputar pelayanan kesehatan, pengelolaan SDM, perijinan di bidang kesehatan, manajemen administrasi dan pengawasan tenaga kesehatan.

Tampak peserta secara bergantian berdiri, mempresentasikan tema yang dipilih secara acak. Kemudian masing- masing peserta saling beradu argumen, memberikan kritik dan solusi terhadap sejumlah persoalan yang muncul. Masing- masing peserta mencecar penyaji dengan rentetan pertanyaan berbobot dan terkadang menyulitkan.

TKB berlangsung hingga jam 15.00 WIB. Dalam kesempatan menutup acara ketua pansel menyampaikan ucapan terimakasih atas keseriusan semua peserta sehingga dua tahapan yang berlangsung hari ini berjalan lancar meski harus bersaing cukup ketat. “ Jaga kesehatan, persiapkan bahan paparan yang akan disampaikan besok pagi,” pungkas ketua pansel singkat. (Reporter BKD)

About munir

Lihat Juga

PENUHI KEBUTUHAN TENAGA AHLI BARANG DAN JASA, DIKLAT KEMBALI DI GELAR

bkd.bondowosokab.go.id. Kekurangan tenagan ahli pengadaan barang dan jasa menjadi persoalan cukup pelik di kabupaten Bondowoso. …