Breaking News

TES KOMPETENSI BIDANG SELEKSI TERBUKA JPT, 8 PESERTA BERADU KONSEP

bkd.bondowosokab.go.id. Setelah total 13 peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi, rangkaian seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  hari ini memasuki tahap Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKB hari ini dilaksanakan untuk menjaring  empat peserta terbaik untuk masing- masing calon pimpinan tinggi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bondowoso. TKB  hari ini diperkirakan akan betul- betul menguras energi, pasalnya para peserta akan melewati serangkaian tes dari penulisan makalah, presentasi dan diskusi kelompok dalam waktu yang sangat ketat. TKB dilaksanakan di ruang rapat sekretaris daerah dan diperkirakan akan berlangsung sampai petang (13/11).

Baca Juga : Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi

Pengundian Materi Penullisan Makalah

FGD (Diskusi Kelompok), Beradu Konsep dengan Pendalaman Materi & Sesi Tanya Jawab

Salah Satu Peserta Mempresentasikan Hasil Penulisan Makalah

Kegiatan Tes Kompetensi Bidang hari ini dihadiri oleh ketua, sekretaris dan tiga orang anggota pansel dengan latar belakang beragam.

Dalam sambutan singkatnya Sekretaris Daerah (Drs.H.Hidayat,MSi), menyampaikan bahwa Seleksi terbuka kali ini harus betul- betul dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan. “ Ada tahapan yang wajib dipenuhi, saya minta pengertian semua pihak agar dapat mengikuti keseluruhan proses seleksi  secara seksama agar dapat diperoleh hasil yang maksimal,” ujar Sekda selaku ketua Pansel.

“Kita melaksanakan kegiatan ini  secara hati- hati dan kita pastikan bahwa semua tahapan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada,”imbuhnya.

Kepala BKD (Sekretaris Pansel)  memandu berjalannya acara mulai dari penulisan makalah, presentasi dan diskusi kelompok. Penulisan makalah dilaksanakan dalam durasi 30 menit dengan topik yang telah ditentukan oleh panitia dan diambil secara acak. Kepala BKD menyampaikan bahwa penulisan makalah dilaksanakan untuk mengukur kapasitas, kompetensi dan penguasaan peserta terhadap jabatan yang hendak diduduki. Sedang dengan presentasi dan diskusi kelompok (Forum Group Discussion), pansel dapat menilai kemampuan verbal dan kedalaman analisa terhadap masalah yang dihadapi ketika nanti dipercaya menduduki suatu jabatan. “Kita akan menilai orisinalitas ide dan wawasan peserta oleh karena itu peserta dilarang memanfaatkan hanphone untuk mengakses informasi terkait  dengan topik yang sudah dipilih,” ungkap kepala BKD.

Sesi pagi dilaksanakan TKB untuk lowongan jabatan pada dinas kependudukan dan catatan sipil yang diikuti oleh 8 peserta, sedang sesi sore sampai petang akan dilanjutkan untuk 5 pelamar pada dinas ketahanan pangan.Sesi hari ini akan sampai pada tahapan eliminasi sehingga akan tersisa empat peserta untuk masing-masing lowongan yang akan melaju pada sesi berikutnya yakni tes kompetensi manajerial yang rencananya akan dilaksanakan di BKD Propinsi Jawa Timur pada tanggal 20 Nopember mendatang.(Munir)

 

 

 

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …