Breaking News

TERIMA KUNJUNGAN KERJA KOMISI I DPRD, KEPALA BKD PAPARKAN OPTIMALISASI SIMPEG

BKD.Bondowoso.Info. Selasa (24/05) Kunjungan Kerja Komisi I DPRD di BKD Bondowoso menghasilkan sejumlah catatan. Dalam kunjungan kerja yang dihadiri oleh ketua Komisi I DPRD (Bambang Suwito) bersama beberapa anggota juga menghasilkan sejumlah kesepakatan dan rekomendasi penting.

Menyambut kedatangan Ketua dan anggota Komisi I , Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran rombongan. Lebih jauh kepala BKD menyampaikan bahwa atas kemitraan yang selama ini terjalin telah banyak membuahkan hasil yang bermanfaat bagi peningkatan pelayanan publik di BKD Bondowoso.

Dalam kesempatan yang sama kepala BKD sekaligus memperkenalkan gedung/ aula yang baru saja mendapatkan kegiatan rehab berat. “Gedung ini kami namakan Antapura Nayaka Wibawa, dan Insya Allah setelah selesai rehab tahun 2015 menjadi gedung yang lebih representatif dalam kegiatan pembinaan dan pengembangan kapasitas SDM aparatur,” pungkas kepala BKD.

Sebagai salah satu siswa diklat PIM II yang sampai saat ini masih berlangsung (out class), kepala BKD juga menyampaikan tugas penting bahwa selaku peserta diklat harus memanfaatkan lingkungan kerja sebagai laboratorium untuk dilakukan inovasi dan perubahan menuju organisasi yang lebih melayani kepentingan publik.

Terkait dengan hal tersebut kepala BKD menyampaikan gagasan untuk merevitalisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) sebagai sarana untuk optimalisasi pelayanan administrasi kepegawaian. “Ke depan kami mempunyai angan- angan bahwa untuk pelayanan kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat dan lain-lain akan terlayani secara otomatis tanpa prosedur pengajuan dari PNS, sehingga semua jenis pelayanan akan lebih efektif dan efisien,” ungkap kepala BKD memaparkan.

Sejak beberapa saat yang lalu telah dilakukan kajian komprehensif tentang beberapa gagasan perubahan dengan melibatkan seluruh jajaran pejabat dan staf BKD untuk menggali inspirasi dan ide baru yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah rencana implementasi SMS Gateway yang akan menjadi perangkat early warning system bagi proses kenaikan pangkat dan gaji berkala.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan kepala BKD untuk memaparkan capaian kinerja sepanjang tahun 2015 (91,7 % ) dari anggaran total dan capaian kinerja sampai triwulan pertama 2016 (13,6%).
Menjawab beberapa pertanyaan dari pimpinan dan anggota komisi I, kepala BKD menyampaikan bahwa capaian kinerja tahun berjalan memang masih belum optimal karena beberapa kegiatan masih akan dilaksanakan pasca hari raya Idul Fitri mendatang.

Sambil mencermati aplikasi manajemen kepegawaian, ketua komisi I memberikan masukan penting tentang penguatan sistem teknologi informasi yang selama ini digunakan oleh BKD karena bagaimanapun teknologi informasi selalu mengandung kelemahan dan membutuhkan kontinuitas pembaharuan.

Usai paparan dan tanya jawab, ketua komisi I bersama rombongan menyempatkan diri untuk meninjau area kantor pelayanan BKD termasuk ruang arsip yang diusulkan untuk dilakukan modernisasi untuk lebih menjamin keamanan.
Dalam kesempatan itu pula kepala BKD menyampaikan usulan kegiatan scaning berkas agar BKD mempunyai arsip dalam bentuk digital (image document) dan tambahan gedung kantor dengan memanfaatkan sisa aset di area belakang gudang arsip.(Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …