TERBUKTI BERSALAH, DUA PNS AKHIRNYA DIBERHENTIKAN TIDAK DENGAN HORMAT

bkd.bondowosokab.go.id. Dua Pegawai pemerintah  kabupaten Bondowoso  yang  tersangkut perbuatan pidana akhirnya diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebelumnya PNS atas nama AST  dan AM dalam proses pemeriksaan untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan  telah dijatuhi hukuman disipilin berupa pemberhentian sementara oleh Bupati.

Setelah melalui proses persidangan keduanya kemudian dinyatakan bersalah dan  terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama berdasarkan keputusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

AST yang masih berstatus sebagai salah satu pegawai kecamatan Ijen divonis oleh Pengadilan Negeri Surabaya dengan  hukuman penjara empat tahun enam bulan, sedangkan AM yang masih berstatus sebagai staf di salah satu dinas,  diganjar dengan hukuman dua tahun delapan bulan penjara oleh pengadilan yang sama.  Keduanya didakwa dan  dinyatakan terbukti bersalah secara syah dan meyakinkan melakukan tindak pidana yang ada hubungannya dengan jabatan yakni  korupsi.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan komprehensif perbuatan kedua PNS tersebut dinyatakan  melanggar  ketentuan pasal  3 angka 4, angka 5, angka 7 angka 9 dan angka 14 peraturan pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Sehingga Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian terpaksa mengambil tindakan tegas. AST dan AM melalui keputusan bupati Nomor : 188.45/669/430.4.2/2017 dan 188.45/670/430.4.2/2017 akhirnya diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil karena perbuatannya .

Dua surat keputusan Bupati tersebut diserahterimakan langsung kepada yang bersangkutan  di lembaga pemasyarakatan Bondowoso oleh  kepala bidang Penilaian Kinerja dan Penghargaan bersama perwakilan instansi masing-masing pada hari Jum’at tanggal  18 Agustus 2017. (Tim Redaksi BKD)

About munir

Lihat Juga

DIKLAT TEKNIS BENDAHARAWAN DAERAH AKHIRNYA DITUTUP

bkd.bondowosokab.go.id. Pendidikan dan pelatihan teknis bendaharawan daerah akhirnya ditutup (05/10). Diklat  teknis berjalan selama 10 hari …