SOSIALISASIKAN MONEV, KEPALA BKD JUGA SAMPAIKAN RENCANA PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN


BKD.Bondowoso.Info.Berbekal niat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pegawai di lingkup pemerintah daerah kabupaten Bondowoso, hari ini (27/07/2016) Badan Kepegawaian Daerah melaksanakan rapat monitoring dan evaluasi (monev) kepegawaian sekaligus sosialisasi peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian (Revitalisasi SIMPEG).

Acara yang berlangsung di Aula “Antapura Nayaka Wibawa” BKD Bondowoso dipimpin langsung oleh Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH, MH) didampingi oleh Kasi ketenagaan Dinas Pendidikan (Drs.Putut Rijatmiko,MM) , sekretaris BKD (Achmad Gazali S.Sos.MM) dan Kepala Bidang Pengembangan dan Diklat (Drs. Juni Sukarno,MM) serta dihadiri oleh kurang lebih 95 undangan yang terdiri dari kepala UPTD Pendidikan, kepala SMP, SMA, dan SMK se Kabupaten Bondowoso.

Memberikan sambutan, kepala BKD menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi kepegawaian yang tengah berlangsung ini diselenggarakan untuk merekam dan memotret kondisi sumber daya manusia baik dari sisi kualitas maupun kuantitas beserta aneka persoalan yang melingkupinya sesuai dengan kondisi obyektif di lapangan.
Kegiatan monev yang masih menyasar lembaga pendidikan tahun ini diharapkan akan menghasilkan data aktual yang akurasinya bisa dipertanggungjawabkan sehingga dapat dijadikan referensi bagi perumusan kebijakan di bidang kepegawaian.

“Saya berharap agar bapak – ibu semua dapat menyampaikan data secara obyektif, jangan ada yang ditambah atau dikurangi sehingga kami dapatkan data yang betul- betul valid sesuai dengan kondisi di lingkungan kerja masing- masing,” pinta kepala BKD.

Beliau juga menghimbau para peserta rapat untuk ikut berperan dalam melaksanakan fungsi pembinaan kepegawaian agar dapat menekan potensi persoalan yang timbul di lingkungan kerja. “Memimpin orang dibutuhkan seni, bangun komunikasi dengan baik dan upayakan persoalan di dalam bisa diselesaikan secara internal. Mari kita membangun sistem karena kalau sistem sudah terbangun maka siapapun yang memimpin dan siapapun anggota yang menjalankannya, maka sistem tersebut sudah berjalan dengan sendirinya” ungkap kepala BKD.

Paparan teknis tentang pelaksanaan peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian berbasis aplikasi (Simpeg) mendapatkan perhatian serius peserta rapat. Pasalnya perubahan mendasar yang tengah berlangsung di BKD diperkirakan akan berdampak besar bagi seluruh pegawai di Bondowoso.

Seperti diketahui bahwa sejak beberapa bulan yang lalu kepala BKD mengintruksikan agar dilakukan evaluasi komprehensif terhadap semua jenis layanan yang ada di BKD. Terhadap jenis layanan yang masih bisa dilakukan simplifikasi dan efisiensi agar terus dikaji secara mendalam supaya semua jenis layanan meningkat secara kualitas menjadi lebih praktis, sederhana, cepat dan tidak lagi merepotkan pegawai selaku user.

Seperti yang sudah gencar disosialisasikan, ke depan urusan administrasi kepegawaian akan dilakukan secara otomatis tanpa melalui usulan dari kepala satuan kerja. Otomatisasi layanan berlaku untuk jenis layanan tertentu antara lain kenaikan gaji berkala, kenaikan pengkat, pengurusan taspen, pensiun dan beberapa jenis layanan yang masih dalam tahapan pengkajian.

Dijelaskan oleh kepala BKD bahwa saat ini tengah dibuat rencana sistematis untuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan mulai dari perangkat lunak berupa payung hukum, maintenance software beserta infrastruktur pendukungnya. “Insya Allah kalau tidak ada kendala akan terpenuhi dalam perubahan anggaran tahun ini dan kami berharap semua jenis layanan administrasi kepegawaian versi baru akan dapat berjalan mulai Januari 2017 mendatang,” papar Kepala BKD menjelaskan.

Di penghujung acara semua peserta rapat diminta bantuannya untuk menginventarisir nomor hanphone semua pegawai yang ada di lingkungan kerjanya untuk keperluan implementasi SMS Gateway.( Team – BKD)
Video Terkait :
https://youtu.be/P96w64NdZf0

About munir

Lihat Juga

PENUHI KEBUTUHAN TENAGA AHLI BARANG DAN JASA, DIKLAT KEMBALI DI GELAR

bkd.bondowosokab.go.id. Kekurangan tenagan ahli pengadaan barang dan jasa menjadi persoalan cukup pelik di kabupaten Bondowoso. …