SIAPKAN SDM APARATUR – BKD GELAR “SOSIALISASI PERATURAN KEPEGAWAIAN”

1Bondowoso, Inka- BKD, Bertempat di Gedung Sabha Bina Praja 1 dan 2 Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso, Senin – Kamis ( 10 -13 Maret 2014) Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bondowoso (BKD) menggelar Sosialisasi Peraturan Kepegawaian Tahun Anggaran 2014. Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya BKD untuk memberikan pemahaman kepada seluruh aparatur pemerintah terhadap aneka regulasi baru yang terus berkembang.

2 Dalam sambutannya, kapala BKD – Drs. H. Agus Salam,.SH,.Msi menyampaikan bahwa, menghadapi tantangan ke depan aparatur pemerintah harus senantiasa tanggap mengikuti arus perubahan yang kian pesat bergulir. Lahirnya Undang- undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara) yang merombak total Undang- undang Pokok Kepegawaian sebelumnya, merupakan jawaban dari tuntutan terhadap birokrasi menuju perubahan yang lebih akuntabel dan profesional.
“Ke depan yang namanya PNS tidak bisa lagi main- main, ada banyak regulasi baru yang menuntut kita menjadi semakin serius melayani masyarakat, ada banyak perubahan mendasar, yang mangharuskan pegawai semakin profesional bekerja, suka atau tidak , perubahan menuju paradigma baru ada dihadapan kita, “ tukas kepala BKD dalam sambutan pembukaan.

4Dalam kesempatan yang sama H. Agus Salam juga menyampaikan perubahan radikal tentang sistem rekrutmet CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) , beliau menjelaskan bahwa penerimaan pegawai mulai tahun ini menggunakan sistem CAT (Computer assisted test) yang tidak bisa dimanipulasi dan jauh dari intervensi. “ Jadi bagi siapapun yang berminat menjadi pegawai, harus siap dengan penguasaan ilmu dan teknologi informasi,” pungkasnya menutup sambutannya.

Berdasarkan laporan panitia yang disampaikan oleh kasubid dokumentasi (Dyah Ariani, S.Kom), kegiatan sosialisasi selama empat hari ini diikuti kurang lebih 350 peserta pengelola kepegawaian dari Badan, Dinas, Kantor, UPT Diknas, SMP, SMA dan SMK. Selama acara berlangsung di moderatori oleh Kabid Informasi Kepegawaian, Drs. Juni Sukarno, MM.

SIP 3Sekretaris BKD yang kebagian membuka acara pada hari- hari berikutnya menyampaikan urgensi pemahaman regulasi baru tentang kepegawaian, beliau menekankan pentingnya pemahaman komprehensif terhadap ASN dan pemahaman terhadap regulasi kepegawaian lainnya sebagai langkah antisipasi terhadap perubahan yang tengah berjalan.

Drs. M. Yahya Rachim (Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai) kebagian tugas menyampaikan pemaparan seputar Sasaran Kerja Pegawai (SKP), dibantu oleh Pawestri Winahyu, S.Psi sebagai operator komputer – rentang waktu 90 menit selama empat hari berturut- turut betul- betul dimanfaatkan untuk memberikan review dan pemahaman terhadap Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2011 tentang sistem penilaian kinerja pegawai pengganti DP3 ini.

SIP 9Persoalan seputar kenaikan pangkat, pensiun, mutasi dan promosi, dipaparkan secara gamblang oleh kabid Mutasi dan Promosi ( Alun Taufana Sulistiyadi, S. Sos), kabid yang sering dijuluki sebagai pakarnya BKD ini secara lugas mengupas permasalahan yang melingkupi jabatan fungsional guru dan jabatan fungsional tertentu lainnya.

Sementara itu Sholikin SPd, Msi (Kabid Pengembangan dan Diklat), secara detil memberikan paparan seputar ASN. Selain itu secara terperinci Sholikin memberikan informasi mutakhir seputar tugas dan ijin belajar PNS, kabar perubahan mendasar pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang kian panjang dan mahal, serta berbagai isu tentang K2 (tenaga honorer katagori 2) dikupas tuntas, Kabid yang dikenal dengan penampilan enerjik dan bertalenta tinggi ini selalu mendapat apresiasi dari para peserta sosialisasi. Pasalnya gaya Sholikin dalam menyampaikan materi yang nyaris hapal aturan main kepegawaian ini dianggap lebih mirip public speaker profesional dan jauh dari kesan menjenuhkan. Tak pelak tiap kali usai memberikan paparan, selalu mendapat aplaus dari peserta.

Secara keseluruhan Sosialisasi berlangsung efektif dan interaktif, perwakilan peserta pada salah satu sesi, Kepala UPTD Diknas Klabang menyampaikan pertanyaan kritis yang dijawab secara lugas oleh M. Yahya Rachim selaku pemateri. (munir-inka)

About munir

Lihat Juga

BERITA FOTO : PAWAI PEMBANGUNAN 2018, BKD BONDOWOSO TURUN DENGAN FORMASI KEBHINNEKAAN

bkd.bondowosokab.go.id. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 73 dan Hari …