RANGKAIAN HUT KORPRI DI KECAMATAN TAPEN

BKD-BONDOWOSO.INFO. Senin, 31/08/2015 rangkaian kegiatan HUT Korpri 2015 terus berlanjut. Kegiatan bertajuk sosialisasi jiwa korsa korpri kali ini dilaksanakan di pendopo kecamatan Tapen.
Ketua DPP korpri kabupaten Bondowoso sekaligus sekretaris daerah (Drs. H. Hidayat, Msi) kembali hadir didampingi oleh jajaran pengurus pejabat eselon II pemkab Bondowoso.

Dalam kesempatan memberikan laporan, Camat Tapen (Sidik Waluyo, S Sos,. MM) menyampaikan bahwa sinergitas antar jajaran pengurus korpri di tingkat kecamatan sudah berjalan baik. Terbukti dalam banyak agenda kegiatan berjalan lancar dan sukses. Beberapa potensi unggulan di bidang pertanian dan prestasi pada beberapa instansi juga dipaparkan.

Menjadi nara sumber untuk kesekian kalinya, Sekda Hidayat memberikan apresiasi terhadap kinerja Camat Tapen yang dinilai berhasil membawa Tapen menjadi lebih kompetitif dari sisi sumberdaya manusia dan prestasi di bidang pertanian, pendidikan dan kesehatan.

Dalam paparannya ketua DPP Korpri Bondowoso menyampaikan beberapa poin penting tentang keberadaan korpri sebagai satu- satunya wadah organisasi bagi ASN. Disampaikan juga bahwa ke depan, birokrasi semakin menghadapi tantangan. Pasalnya UU-ASN mengharuskan semua aparatur birokrasi melakukan percepatan perubahan mental, perilaku dan peningkatan kualitas menjadi aparatur yang lebih berkualitas, disiplin dan bertanggungjawab.

“Marilah kita tanam terus jiwa korsa korpri antar jajaran pengurus dan anggota sehingga tercipta kebersamaan, saling asah, asih dan asuh antar sesama sehingga tercipta suasana yang lebih kondusif dalam lingkungan kerja masing- masing,” pungkas Sekda Hidayat.

Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan pentingnya ASN menjaga etika sehingga tidak terjerumus dalam perbuatan yang mencoreng nama baik korp ASN. Menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) 2016 ketua DPP korpri meminta semua kepala SKPD untuk mendorong seluruh potensi sumberdaya yang ada agar terus belajar meningkatkan kapasitas diri. “ Saya harap semua pihak dapat menyikapi MEA 2016 dengan kesiapan penuh, saya juga berencana berkoordinasi dengan SMK agar dapat mencetak tenaga kerja terampil dan kompetitif agar dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar,” ungkap Sekda dalam pemaparannya.

Kepala BKD (Wawan Setiawan , SH,MH) yang mendapat giliran kedua sebagai nara sumber lagi- lagi mengupas tuntas persoalan ASN. Meskipun sudah diundangkan, masih banyak ASN yang belum memahami dengan benar.
Perbedaaan UU-ASN dan UU pokok kepegawaian sebelumnya dijabarkan dengan gamblang.

Paradigma baru pasca kelahiran ASN yang perlu dipahami oleh segenap apatur sipil adalah perubahan orientasi dan perilaku pegawai. “UU- ASN mengedepankan kompetensi, kemampuan dan integritas, oleh karena itu ke depan, atas dukungan pak sekda kami akan lakukan kegiatan yang menunjang peningkatan kompetensi pegawai diantaranya adalah assasment terhadap semua jabatan dan penilaian kinerja pegawai, “ Ungkap kepala BKD.

Menyinggung soal mutasi jabatan, kepala BKD menyatakan bahwa saat ini tengah dilakukan penataan berkesinambungan terhadap tenaga pendidik agar terjadi pemerataan dan penempatan personil sesuai dengan kompetensinya. “Oleh karena itu saya minta dukungan dari para kepala UPT Diknas termasuk pengawas sekolah agar dapat menjadi bagian dari penyelesaian masalah dengan cara memberikan pengertian dan pembinaan terhadap semua pegawai di lingkungan kerja masing- masing,” ungkap kepala BKD menutup pidatonya.


Red


Red

Sesi berikutnya diisi materi seputar pendirian LKBH ( Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum) yang sudah digagas oleh ketua DPP Korpri. Ahcmat Prajitno, SH, MH selaku ketua LKBH menyampaikan peran strategis lembaga yang dipimpinnya sebagai lembaga yang dapat memberikan bantuan konsultatif bagi pegawai yang mengalami masalah hukum.

Sosialisasi ditutup oleh perwakilan dari BPJS ketenagakerjaan yang memberikan wawasan tentang peran penting BPJS bagi seluruh aparatur di lingkungan pemerintah daerah kabupaten bondowoso dan diakhiri dengan tanya jawab serta kuis berhadiah souvenir dan uang dari Bank Pembangunan Jawa Timur. (M. Munir – Pewarta BKD)

About munir

Lihat Juga

BIDAN EKS PTT KEMENKES MENJADI PESERTA PEMBEKALAN HARI KE DUA

bkd.bondowosokab.go.id. Pembekalan bagi PNS yang akan diambil sumpah memasuki hari ke dua (13/11). Masih di …