Potret Realitas Pendidikan, Kepala BKD dan Inspektur Turun Langsung Lakukan Monev

BKD.Bondowoso.Info.  Mengawali putaran pertama Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2017, Kepala BKD Bondowoso (Wawan Setiawan, SH,MH), Inspektur Bondowoso (Ir. Wahjudi Triatmadji) didampingi Sekretaris BKD (Drs. Juni Sukarno, MM), Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Drs.Putut Rijatmiko,MM), Kabid Diklat BKD (I Nengah Suanda, S.Sos) dan Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKD (Moh. Hasan Suryadi, SE, M.Si) turun langsung ke beberapa sekolah (Selasa, 13/6/2017). SMP Negeri 5 Bondowoso menjadi sasaran pertama, dilanjutkan ke SDN Kembang 2 dan berakhir di SDN Dabasah 2.

Tujuan monev memotret kondisi riil di lapangan agar didapatkan data akurat untuk dijadidakan bahan pertimbangan pembuatan kebijakan. Belum meratanya sebaran pendidik di seluruh jenjang pendidikan baik dari sisi jumlah maupun kesesuaian dengan kebutuhan dan latar belakang pendidikan menjadi alasan utama monev dilakukan secara bertahap setiap tahun. Dengan monev, identifikasi permasalah kepegawaian di dunia pendidikan menjadi lebih jelas dan dapat segera ditangani.

Saat berkunjung ke SMP Negeri 5 Bondowoso, Tim Monev menemukan seorang Guru PNS belum diangkat dalam jabatan fungsional, sedangkan usia yang bersangkutan sudah 49 tahun. Kepala BKD Bondowoso langsung melakukan koordinasi dengan Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar guru tersebut sesegera mungkin diajukan pengangkatan jabatan fungsionalnya.

Sementara di SDN Dabasah 2, Tim Monev memperoleh informasi kekurangan guru. Dari 6 rombongan belajar, guru PNS 4 sehingga terjadi kekurangan 2 guru PNS. Tahun 2017 ini, tepatnya bulan Desember nanti 2 guru lain memasuki purna tugas. Jadi diakhir tahun, SDN Dabasah 2 kekurangan 4 guru kelas. Potret kekurangan guru tersebut akan dibahas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama bidang Mutasi dan Kepangkatan BKD Bondowoso.

Di SDN Dabasah 2, Kepala BKD Bondowoso dan Inspektur sempat memberikan pembinaan kepada guru yang hadir. Mulai dari disiplin dan kinerja PNS,  kode etik PNS yang kini dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomer 55 Tahun 2016, sampai berbagi pengalaman pendidikan masa lalu dan sekarang disampaikan dengan lugas dan dalam suasana kekeluargaan. Monitoring dan Evaluasi di SDN Dabasah 2 diakhiri dengan foto bersama Kepala BKD, Inspektur Bondowoso dan rombongan bersama dewan guru.

Di lain tempat, Tim Monev dibawah komando Kabid Penilaian Kinerja dan Penghargaan (Herlan, SH) meluncur menuju sekolah di kecamatan Grujugan bersama Kasi Tenaga Kependidikan (Sumito) disampingi staf BKD lainnya.

 

 

 

About ahmad yulianto

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …