Breaking News

PETAKAN KOMPETENSI, SEKRETARIS DAERAH BUKA KEGIATAN ASSESMENT 2016

BKD.Bondowoso.Info. Untuk kedua kalinya, kegiatan assesment bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali digelar. Bertempat di Sabha Bina 1, kegiatan assesment 2016 dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso.(Kamis 07/05).

Sekretaris Daerah (Drs. H. Hidayat, MSi) secara resmi membuka acara dihadapan peserta yang terdiri dari 110 pejabat struktural eselon IIb, IIIa, IIIb dan pejabat eselon IVa.
Dalam sambutan pembukaan Sekda Hidayat memaparkan latar belakang pelaksanaan Assesment sebagai bagian penting dari pelaksanaan Undang-undang ASN.

“Undang – Undang ASN menuntut peningkatan kualitas kinerja birokrasi, oleh karena itu peningkatan kapasitas, kompetensi dan integritas para pemangku jabatan menjadi penting untuk diketahui secara lebih detil sebagai dasar pengambilan kebijakan, agar ke depan pengisian jabatan dipastikan sesuai dengan kemampuan dan kompetensi seseorang,” papar Sekda.

Dalam kesempatan yang sama Sekda juga menyampaikan bahwa kinerja yang baik ditentukan oleh motivasi, kompetensi dan dukungan sistem yang baik. “ Tingkatkan kemampuan, pacu semangat dan pupuk motivasi untuk selalu meningkatkan kompetensi dan pelihara lingkungan kerja yang kondusif, agar kita dapat mencapai target kinerja yang diharapkan,” tutur Sekda Hidayat memberikan arahan.

Sementara itu, dalam laporannnya Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) menyampaikan bahwa maksud dilaksanakannya kegiatan assessment adalah untuk mengetahui kompetensi pejabat struktural sebagai salah satu bahan pertimbangan dan pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pengangkatan dalam suatu jabatan tertentu, pengembangan karier PNS, Promosi dan Mutasi dalam jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.
Disampaikan pula bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi, kepemimpinan, kerjasama, dan kreativitas peserta.

Ruang lingkup pelaksanaan assessment bagi pejabat struktural adalah penilaian Kompetensi terhadap seluruh peserta, oleh assessment center independen dan memiliki pengalaman dalam membantu seleksi pejabat pemerintah. Penilaian kompetensi meliputi kompetensi manajerial (soft skill) dan kompetensi teknis/bidang (hard skill).

Pelaksanaan assessment kali ini direncanakan berlangsung selama 2 hari ( 7-8 April 2016) dan melibatkan assesor dari BKD Propinsi Jawa Timur.

Sedangkan hasil dari assessment akan dilaporkan kepada pejabat yang berwenang dan pejabat pembina kepegawaian untuk selanjutnya digunakan sebagai pedoman dan pertimbangan dalam Pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu, Pengembangan karier PNS,Promosi PNS yaitu peningkatan jenjang jabatan kedalam jabatan yang lebih tinggi, Mutasi PNS yaitu pergeseran jabatan ke jabatan lain yang setingkat, Demosi PNS yaitu penurunan jenjang jabatan kedalam jabatan yang lebih rendah dan atau pemberhentian dari jabatan.

Sementara Arif Hamzah(Kasubid Pengembangan Pegawai) selaku pejabat yang mewakili kepala BKD Propinsi Jawa Timur menyampaikan secara singkat gambaran yang akan dilalui oleh para peserta selama dua hari assesment. “Jangan sampai berpikir bahwa assesment hanya kegiatan formalitas belaka, jangan juga negatif thinking dengan kegiatan ini, karena semua tahapan dilakukan secara obyektif dan independen. Semua yang berhubungan dengan promosi jabatan sekarang sudah dilaksanakan secara terbuka dan dipantau langsung oleh KASN,” pungkas Arif menutup sesi pembukaan.(M.Munir BKD)

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …