Breaking News

PETAKAN KOMPETENSI, KEPALA BKD BUKA KEGIATAN ASSESSMENT 2018

bkd.bondowosokab.go.id. Kegiatan asssessment bagi pejabat administrasi di lingkungan pemerintah kabupaten Bondowoso hari ini (13/03) dibuka. Kegiatan assessment dilaksanakan di aula Sabha Bina 1 Pemkab Bondowoso dan dibuka langsung oleh kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH).

Menurut laporan dari kepala bidang Mutasi dan Kepangkatan (Alun Taufana, S,Sos) kegiatan asessment kali ini diikuti oleh pejabat administrasi eselon IVa sebanyak 132 orang dan eselon IVb sebanyak 18 orang. Alun Taufana juga menyampaikan bahwa asessment bagi pejabat adminitrasi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa pada tahun- tahun sebelumnya yang sudah dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan total jumlah peserta 456 orang.

Dalam laporan detil kepala bidang mutasi dan kepangkatan menyampaikan rincian peserta yang sudah diasessment antara lain, pejabat administrasi eselon IIb sebanyak 29 orang, eselon IIIa sebanyak 63 orang, eselon IIIb : 111 orang dan eselon IVa sebanyak 253 orang.  “Asessment bagi pejabat administrasi akan dilaksanakan secara berkelanjutan sampai tuntas,” ungkap Alun.

Adapun tujuan dilaksanakannya asessment adalah untuk mengetahui kompetensi pejabat administrasi sebagai salah satu bahan pertimbangan dan pedoman bagi pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan karirnya, demikian keterangan kabid mutasi dan kepangkatan. Selain itu disampaikan bahwa asessment digunakan untuk bahan monitoring dan evaluasi serta pedoman dan pertimbangan untuk pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu, pengembangan karir, promosi, pergeseran jabatan dan demosi PNS.

Didaulat membuka secara resmi mewakili plt. Sekretaris daerah, kepala BKD menyampaikan nilai strategis kegiatan asessment yang akan berlangsung hari ini. “ Dengan asessment kita akan mengetahui kompetensi para pejabat administrasi, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengambilan kebijakan, baik untuk penataan, promosi, mutasi dan demosi pegawai,” ujar kepala BKD.

Selain itu kepala BKD juga mengurai latar belakang kegiatan asessment, disampaikan oleh kepala BKD bahwa kegiatan asessment adalah merupakan salah satu amanat dari UU ASN  dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Sementara itu kepala BKD Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh kepala bidang pengembangan (Drs. Baktiyar Budiyo Ekwanto, MM) menyampaikan pesan dari kepala BKD provinsi agar kegiatan asessment betul- betul dilaksanakan secara obyektif dan memperhatikan aspek akuntabilitas agar outputnya dapat digunakan oleh pemerintah kabupaten Bondowoso secara efektif. “Kami mendorong agar hasil dari asessement dapat dipergunakan sepenuhnya untuk manajemen kepegawaian,” sebut Baktiyar.

Kegiatan asessment akan berlangsung tiga gelombang sampai tanggal 27 Maret mendatang dan masing-masing berlangsung dua hari penuh dari pagi hingga petang dengan assesor independent dari BKD Provinsi Jawa Timur. Materi assesi terdiri dari psycotest, diskusi kelompok (FGD), pendalaman porto folio, interview dan beberapa materi lain yang sudah disiapkan oleh assesor. (Munir )

About munir

Lihat Juga

PENEGAKAN DISIPLIN DALAM PELAKSANAAN CUTI BERSAMA PNS 2018

BERIKUT KAMI SAMPAIKAN SURAT EDARAN MENPAN-RB TENTANG PENEGAKAN DISIPLIN DALAM PELAKSANAAN CUTI BERSAMA PNS 2018 …