Breaking News

PETAKAN KOMPETENSI DAN KINERJA – BKD GELAR PENILAIAN KINERJA DAN ASSESMENT

BKD.BONDOWOSO.Info. Selama dua hari penuh, (25-26/11/2015), pelaksanaan kegiatan penilaian kinerja dan assesment bagi pejabat struktural eselon II dan III telah berlangsung di beberapa ruang rapat dan aula pemerintah daerah kabupaten Bondowoso.
Kegiatan yang berlangsung pagi hingga sore ini diikuti oleh 28 orang pejabat eselon IIb, 54 orang pejabat eselon IIIa dan sebanyak 23 orang pejabat eselon IIIb.

Dalam laporannya kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) menyampaikan bahwa tujuan dari penilaian kinerja dan assesment ini adalah untuk mengetahui kompetensi, kinerja, kepemimpinan, kerjasama dan kreatifitas dari seluruh peserta yang nota bene adalah pejabat.
Adapun tahapan tes yang berlangsung antara lain adalah psikotes, analisa kasus, diskusi kelompok , interview dan presentasi. Sementara yang menjadi tim penguji adalah tim assesor dari pemerintah propinsi Jawa Timur.

Memberikan sambutan dalam sesi pembukaan, Sekretaris daerah kabupaten Bondowoso (Drs. H. Hidayat Msi) menyampaikan argumen tentang urgensi penyelenggaraan assesment. “ Kegiatan ini kita laksanakan untuk melakukan pemetaan kompetensi dan kemampuan pejabat, yang nantinya akan kita peroleh profil pejabat yang tepat atau right man on the right place,” ungkap Sekda Hidayat.

Disampaikan juga bahwa melalui pendekatan potensi, kompetensi dan kinerja diharapkan memberikan gambaran ril tentang profil pejabat di kabupaten Bondowoso.

“Saya mengingatkan kepada saudara- saudara untuk mengikuti kegiatan sesuai tahapan yang ditentukan sehingga akan didapatkan hasil yang maksimal,” pungkas Sekretaris daerah sebelum membuka acara.

Sesi hari pertama dimulai jam 09.30 sampai 16.30. Diskusi kelompok (leaderless group discussion) menjadi ajang untuk menilai kemampuan para pejabat mengidentifikasi persoalan , menjadikan bahan kajian, merumuskan metode pemecahan masalah dan memunculkan solusi.

Tampak seru para pejabat eselon II dan III berjibaku dan beradu argumen, terlibat diskusi berdurasi kurang lebih 90 menit untuk menghasilkan konklusi dan rekomendasi terhadap berbagai kasus yang disodorkan oleh para assesor.
Dari sinilah dapat diketahui kompetensi, kemampuan manajerial dan kepemimpinan peserta.
http://i1379.photobucket.com/albums/ah128/m_munir1/6_zpsac4pwitd.jpg

Begitu juga pada hari kedua, yang terbagi menjadi sesi interview/wawancara dan sesi presentasi. Semua peserta tampak sangat serius menjawab pertanyaan assesor. Tak kalah seru di sesi presentasi. Semua peserta antusias memaparkan program inovatif sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kegiatan berakhir menjelang gelap, dua hari kegiatan penilaian kinerja dan assesment cukup menguras energi peserta. “ Mudah- mudahan kegiatan ini membawa hikmah dan manfaat besar, “ ungkap salah satu peserta terakhir yang baru kelar sesaat sebelum adzan magrib berkumandang. (Munir- BKD)

About munir

Lihat Juga

PLT. SEKDA PIMPIN MONITORING TINGKAT KEHADIRAN PNS PASCA LIBUR HARI RAYA 2018

bkd.bondowosokab.go.id. Monitoring tingkat kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten Bondowoso hari ini berlangsung serentak. …