Perbaiki Kualitas Tenaga Fungsional, BKD Undang Seluruh Tim PAK

BKD-Bondowoso-Inka, Masih dengan semangat untuk terus memperbaiki kualitas aparatur pemerintah Kabupaten Bondowoso, hari ini, Senin (27 April 2015), BKD kembali menggelar rapat koordinasi dengan beberapa SKPD yang menjadi mitra kerja khususnya dalam hal pengelolaan pejabat fungsional. Rapat koordinasi yang bertujuan untuk memperbaiki mekanisme pengajuan Penetapan Angka Kredit (PAK) bagi seluruh pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bondowoso, dihadiri oleh beberapa perwakilan SKPD yang mempunyai tenaga fungsional seperti Inspektorat, Diknas, Dinkes, RSUD dr. H. Koesnadi, BPPKB, Dishutbun, Disnakkan, Disperta, dan Disparporahub. Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala BKD Kabupaten Bondowoso (Wawan Setiawan, SH. MH.) dimulai tepat pada pukul 13.45 di Aula BKD.

Dalam arahannya, Kepala BKD memberikan beberapa pointers penting dalam hal pengelolaan pejabat fungsional. Beliau menghimbau pada seluruh SKPD yang mempunyai Tim PAK untuk terus meningkatkan kualitas penilaian guna menciptakan pejabat fungsional yang lebih berkualitas. Beliau menilai bahwa selama ini proses kenaikan pangkat pegawai hanya menyentuh ranah formil saja, belum pada ranah materiilnya. Tim PAK menjadi suatu hal yang penting dalam rangka mewujudkan keadilan dan meningkatkan kualitas pegawai di Kabupaten Bondowoso.
“ Kenaikan pangkat itu bukan merupakan hak, tetapi sebuah reward atas kinerja baik yang telah dilakukan. Mari kita bersama-sama untuk memperbaiki sistem pengelolaan pegawai dan mewujudkan fairness dalam hal pemberian reward tersebut”, ungkap beliau dengan nada menghimbau.
“Kami sangat berkeyakinan, jika kita menyempurnakan pola pembinaan seperti ini maka pegawai akan lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya”, ucap beliau dengan nada optimis.

Rapat kemudian dilanjutkan oleh pembahasan yang lebih teknis oleh Kabid Informasi Kepegawaian (Drs. Juni Sukarno, MM.) dan Kabid Mutasi Pegawai (Alun Taufana Sulistiyadi, S.Sos.). Dalam pembahasan ke ranah yang lebih teknis ini didapatkan beberapa kesepakatan seperti :
1. Tim PAK dari seluruh SKPD akan menyusun kembali berbagai indikator untuk mendukung syarat-syarat yang
diperlukan dalam menyusun DUPAK (Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit);
2. BKD akan bekerjasama penuh dengan Tim PAK masing-masing SKPD untuk membuat dan melaksanakan proses penilaian
kenaikan pangkat pejabat fungsional yang lebih objektif, adil, dan sesuai peraturan perundang-undangan;
3. Untuk kedepannya, kerjasama antara BKD dengan Tim PAK ini akan ditindaklanjuti dengan diadakannya Kegiatan
Monitoring dan Evaluasi pada setiap tenaga fungsional yang akan mengajukan proses kenaikan pangkat.

Selain mencapai beberapa kesepakatan di atas, forum rapat juga menyepakati akan diadakannya rapat lanjutan guna memutakhirkan sistem penilaian pengajuan kenaikan pangkat pejabat fungsional kedepannya.
“Yang terpenting kita tetap terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pegawai guna menciptakan manfaat bagi pegawai yang bersangkutan, bagi organisasi, dan tentunya yang lebih luas bagi masyarakat”, tutup kepala BKD mengakhiri rapat. (Ahmad Oktabri W. – Pewarta BKD)

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …