PENUTUPAN DIKLAT MANAJEMEN PEMDES 2015

BKD-Bondowoso-Inka. Rampung sudah kegiatan selama 10 hari yang dilaksanakan di Gedung Eks-Badan Diklat Kabupaten Bondowoso. Kemarin malam, Rabu (29 April 2015), Diklat Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2015 resmi ditutup oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Drs. Hidayat, M.Si. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala BKD, seluruh Kepala Bidang, beberapa Kasubid dan Staf BKD, serta 40 orang Sekdes yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan sejak tanggal 20 April 2015 lalu.

Acara diawali dengan laporan singkat dari Bapak Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH. MH.) tentang gambaran umum pelaksanaan diklat selama 10 hari, kemudian dilanjutkan dengan arahan Bapak Sekda sekaligus menutup secara resmi kegiatan yang diselenggarakan oleh BKD Kabupaten Bondowoso bekerjasama dengan Bandiklat Provinsi Jawa Timur. Banyak hal yang disampaikan oleh Bapak Sekda dalam memberikan arahannya, salah satu diantaranya adalah tentang peranan Sekdes dalam mengelola pemerintahan dan penataan administrasi di desa.

IMG_0819

“Tolak ukur keberhasilan pemerintahan pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintahan kabupaten/kota adalah pelayanan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat’, ucap beliau mengawali arahannya.

Bapak Sekda menekankan bahwa Sekdes harus menjadi ujung tombak perbaikan pelayanan masyarakat yang ada di desa. Sekdes juga perlu terus menerus meningkatkan kompetensinya dalam hal pengelolaan pemerintahan desa, bukan hanya menjadi pegawai yang sekedar melaksanakan tugasnya, akan tetapi harus bisa menjadi ‘pegawai yang layak dijual’ (istilah yang dibuat oleh Bapak Sekda bagi pegawai yang berprestasi dimanapun ditempatkan). Dalam akhir arahannya, Bapak Sekda juga menghimbau agar para Sekdes yang telah mengikuti diklat dapat menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan untuk dipraktekkan di lapangan.

“Dengan adanya diklat selama 10 hari ini, ambillah hikmahnya dan praktekkanlah di desa masing-masing”, ucap beliau sebelum akhirnya resmi menutup Diklat.

IMG_0814

Di akhir acara, Kepala BKD juga sempat memberikan beberapa arahan tambahan terkait tindak lanjut dari pelaksanaan Diklat Manajemen Pemerintahan Desa. Beliau mengatakan bahwa BKD akan mengontrol secara berkala hasil dari pelaksanaan Diklat ini. Beliau menekankan pada setiap Sekdes untuk terus melakukan perbaikan administrasi desa yang nantinya akan dicek oleh BKD terkait proses perkembangannya. Pada intinya, semua ini bermuara pada visi BKD untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya aparatur pemerintahan di Kabupaten Bondowoso. (Ahmad Oktabri W.-Pewarta BKD)

About munir

Lihat Juga

PLT SEKDA HADIRI SOSIALISASI PERATURAN KEPEGAWAIAN 2018 DI DUA KECAMATAN

bkd.bondowoso.go.id. Sosialisasi Peraturan Kepegawaian tahun anggaran 2018 kali ini terasa lebih istimewa. Pasalnya dalam dua …