PENGAJIAN HUT KORPRI KE 46 : ASN HARUS NETRAL DAN SEMAKIN PROFESIONAL

bkd.bondowosokab.go.id. Rangkaian acara Hari Ulang Tahun Korpri yang ke 46 tahun 2017 hari ini (27/11), berlangsung meriah. Ribuan undangan memenuhi pendopo dan halaman kantor kecamatan Curahdami. Acara HUT yang dikemas dalam bentuk pengajian dan sholawatan melibatkan anggota Korpri di lima kecamatan antara lain kecamatan Curahdami, Wringin, Binakal, Pakem, Tegalampel dan Taman Krocok.

Tampak hadir dalam deretan tamu undangan utama antara lain, Sekretaris Daerah (Drs. H. Hidayat, MSi) selaku ketua dewan pengurus Korpri, Asisten Administrasi Umum (Drs. Sigit Purnomo), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dra. Endang Hardiyanti, MM), Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) dan kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (Dra. Farida, MSi) serta  lima orang Camat di wilayah kerja lima.

Hadir juga beberapa tokoh masyarakat dan perwakilan MUI kecamatan Cuarahdami dan ranting MMWC NU.

 

Antusiasme anggota Korpri dalam acara pengajian hari ini cukup terasa  sehingga seluruh tempat yang disediakan penuh sesak dengan undangan bahkan sampai meluber ke luar pagar kecamatan.

Dalam sambutannya, Camat Curahdami (Mahfud  Junaidi, S.Sos.MM) menyebut bahwa terdapat sekitar 1955 anggota Korpri sewilayah kecamatan Curahdami namun karena acara dilaksanakan dalam hari kerja aktif hanya sekitar  1000 undangan yang disebar.

Sementara itu, ketua dewan pembina Korpri Kabupaten Bondowoso  yang juga merupakan Sekretaris Daerah memaparkan pentingnya para anggota Korpri untuk meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu   bangsa. “Semua  anggota Korpri harus dapat menjaga  semangat  untuk  menjaga netralitas dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara,” ungkap ketua Korpri.

Ketua Korpri juga menyebut bahwa ke depan ASN harus semakin profesional dan mumpuni seiring dengan  ekpektasi masyarakat yang kian tinggi.

Sekda juga menyampaikan bahwa masih banyak isu strategis yang menjadi tantangan dan harus diselesaikan oleh pemerintah kabupaten Bondowoso. Beberapa yang penting antara lain upaya peningkatan indeks pembangunan masyarakat, peningkatan kualitas SDM melalui program gerakan pendidikan kesetaraan berbasis desa, upaya peningkatan pendapatan perkapita masyarakat melalui optimalisasi sektor perkebunan,pertanian dan pariwisata, upaya menekan angka kematian ibu dan bayi dengan inovasi “Stop Berduka”, dan reformasi birokrasi  berkelanjutan serta program  sistem administrasi dan informasi desa (SAID).

“Di bidang pelayanan kepegawaian, para PNS sekarang sudah semakin dimudahkan dengan inovasi pelayanan kepangkatan,  pensiun dan kenaikan gaji berkala  secara otomatis sehingga dapat memangkas jalur birokrasi  menjadi lebih simpel, cepat akuntabel dan gratis,” papar Sekda.

Selain itu upaya peningkatan kesejahteraan ASN juga terus didorong melalui pemberian besaran tunjangan tambahan penghasilan yang terus disempurnakan.

Mengakhiri pidatonya ketua Korpri menyampaikan pesan bahwa menjelang tahun politik di 2018, semua anggota Korpri harus bersikap netral. “ Jangan bersikap apatis, jadilah manusia yang melek politik dan gunakan hak pilih sesuai hati nurani saudara-saudara. ingatlah, golput bukanlah pilihan yang baik, “ ujarnya.

Momentum pilkada serentak tahun 2018 harus dijadikan sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme ASN. Pilkada juga merupakan  ujian untuk menerapkan Panca Prasetya Korpri. “Ingatlah bahwa pengabdian anggota Korpri bukanlah kepada kepentingan kelompok maupun individu, melainkan pengabdian anggota Korpri hanyalah kepada negara, bangsa, dan rakyat,” pungkas Sekda.

Pengajian berlanjut ke pembacaan Sholawat Nariyah dan di sesi pamungkas diisi oleh tausiyah oleh Ketua PCNU Bondowoso KH. Abdul Qodir Syam seputar manfaat menghadiri majelis pengajian untuk meningkatkan keyakinan dan kedekatan kepada Allah, SWT. (Munir)

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …