PAPARAN DI HADAPAN SEKDA AKHIRI KEGIATAN VISITASI DIKLAT PIM II DI BONDOWOSO

bkd.bondowosokab.go.id. Rangkaian kegiatan orientasi lapangan dan visitasi peserta  pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklat PIM II) dari LAN (Lembaga Administrasi Negara) – Jakarta  yang berlangsung sejak dua hari lalu akhirnya usai. Belasan peserta yang selama dua hari terjun berbaur dengan masyarakat di dua desa di wilayah Kecamatan Ijen akhirnya menyudahi kegiatannya. Meski tampak raut wajah lelah namun  seluruh peserta masih terasa bersemangat.

Tampak hadir dalam penutupan visitasi antara lain Sekretaris daerah Kab. Bondowoso, beberapa perwakilan stake holders (Dinas Pariwisata dan Koperindag), Camat Ijen  dan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (Drs. Juni Sukarno,MM). Acara pagi ini dilaksanakan di ruang pertemuan lantai 2 bagian organisasi Pemkab Bondowoso. (06/04)

Baca Juga : Visitasi Diklat….

Diawali laporan oleh perwakilan dari LAN (Ir. Lilik Herawati, MM),  hari ini dihadapan Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso (Drs. H.Hidayat, M.Si)  dua perwakilan dari desa Sumberrejo dan desa Kalianyar memaparkan detil hasil identifikasi permasalahan dan persoalan ril yang dihadapi masyarakat setempat.

Banyak persoalan yang berhasil di identifikasi di dua desa tersebut. Menurut perwakilan peserta dari desa Sumberrejo beberapa persoalan yang perlu segera ditangani antara lain masalah infrastruktur pendukung transportasi, angka putus sekolah yang masih tergolong tinggi, harga komoditi pertanian yang kurang kompetitif dan masalah akses kesehatan yang dinilai masih jauh dari memadai. Nyaris sama dengan persoalan umum yang ada di desa Kalianyar, tingkat pendidikan yang rendah, infrastruktur dan manajemen pengelolaan daerah wisata.

Bahkan salah satu peserta yang merupakan pejabat dari Sawah Lunto Sumatra Barat menambahkan ada potensi konflik jika persoalan manajemen dan kewenangan pengelolaan daerah wisata Ijen dengan kabupaten sebelah  tidak segera diselesaikan oleh pemeritah daerah. Karena ada sebagian warga Bondowoso yang kesulitan mendapatkan ijin untuk ikut mengais rejeki di area wisata kesohor tersebut.

Beberapa rekomandasi penting disampaikan oleh peserta visitasi terhadap pemerintah daerah. Mulai dari optimalisasi penggunaan dana desa, upaya penyadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan dan kesehatan, usulan pengadaan mobil transportasi dari sumber dana alokasi khusus, mendorong peranserta perusahan PTP XII  untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat lebih luas sampai pada penjajagan upaya reform agraria seperti yang sudah berjalan di kabupaten kerinci.

Baca Juga : Diterima Wakil Bupati…

Sekretaris daerah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan visitasi kali ini. Pasalnya Bondowoso  diakui sampai saat ini masih masuk katagori daerah tertinggal. “ Untuk bisa keluar dari status daerah tertinggal kami membutuhkan tambahan pemasukan daerah setidaknya 50 M, oleh karena itu berbagai upaya sedang kita lakukan untuk mendongkrak pendapatan dari sektor pariwisata, “ ungkap sekda Hidayat.

Sekda juga menyampaikan bahwa kabupaten Bondowoso termasuk dalam kawasan strategi pariwisata (KSP) nasional. Oleh karena itu akses menuju destinasi wisata strategis diserahkan ke pemerintah pusat. Sekretaris daerah juga menyebut bahwa salah satu penyebab predikat daerah tertinggal kerena rata-rata lama sekolah hanya 5,5 tahun, sehingga berbagai upaya ektra harus dilakukan secara terpadu termasuk optimalisasi dana desa  untuk program wajib belajar  dan kerjasama dengan sektor korporasi serta  BUMD dengan optimalisasi CSR (Coorporate Social Responsibility).

Baca Juga : Gali Permasalahan …

“Saya ucapkan terimakasih banyak dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya  manakala ada yang kurang berkenan dalam penyambutan ataupun dalam memfasilitasi para peserta visitasi,” pungkas Sekda Hidayat menutup sambutan.

Acara visitasi diakhiri dengan penyerahan cinderamata berupa peta hasil pencitraan satelit wilayah desa yang menjadi lokus kegiatan oleh perwakilan dari LAN kepada Sekretaris daerah Bondowoso.

 

Banyak hal berkesan yang disampaikan oleh peserta, salah satu diantaranya adalah panorama alam yang begitu mempesona serta keramahan penduduk setempat. (Munir –BKD)

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …