OPTIMALISASI FUNGSI PELAYANAN MASYARAKAT, KEPALA BKD DAN INSPEKTUR SIDAK CAMAT MALAM HARI

bkd.bondowosokab.go.id. Dorong optimalisasi pelayanan kepada masyarakat,antisipasi eskalasi tingkat kerawanan sosial di tahun politik dan potensi kejadian bencana alam di wilayah kabupaten Bondowoso,   Inspektur dan Kepala BKD berinisiatif melakukan inspeksi mendadak ke rumah dinas para Camat (28/01). Pasalnya posisi camat dianggap penting sebagai kepanjangan tangan pemerintah kabupaten baik terkait dengan antisipasi kejadian bencana maupun eskalasi kerawanan sosial. Seperti diketahui, Camat adalah koordinator penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan, yang berada di bawah, dan bertanggung jawab kepada bupati melalui sekretaris daerah.

“Keberadaan camat di rumah dinas yang sudah disediakan menjadi penting terutama bila dikaitkan dengan tugas pokok dan fungsi camat di wilayahnya masing-masing, selain untuk antisipasi berbagai kejadian, juga untuk optimalisasi pelayanan kepada masyarakat,” tukas kepala BKD.

Dijelaskan juga bahwa, seorang camat memiliki tugas umum pemerintahan yang meliputi mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayaanan umum, penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan, penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan, dan melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.

Empat kecamatan menjadi sampling sidak antara lain kecamatan Curahdami, Pakem, Tenggarang dan kecamatan Prajekan.

Berangkat malam hari dari BKD Bondowoso, kepala BKD dan Inspektur (Ir. Wahjudi Triadmadji) didampingi oleh kepala bidang penilaian kinerja dan penghargaan pegawai (Herlan, SH) menyasar empat kecamatan sampling. Dari empat kecamatan tersebut, kecamatan Curah dami menjadi satu-satunya Camat yang siaga 24 jam menempati rumah dinas sesuai ketentuan. Selebihnya, bagi camat yang kedapatan tidak menempati rumah dinas diberikan pembinaan langsung baik oleh Inspektur maupun kepala BKD. (Munir)

 

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …