Breaking News

Menteri Yuddy Lantik Adi Suryanto Sebagai Kepala LAN

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi melantik Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto yang menggantikan posisi Agus Dwiyanto yang sudah pensiun beberapa waktu lalu. Adi yang telah berkiprah selama 21 tahun di LAN, sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Utama dan tercatat sebagai Sestama ke -13. Dia ditetapkan sebagai Kepala LAN setelah ikut dalam seleksi terbuka (open biding) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Utama.

Menteri Yuddy mengatakan, promosi terbuka merupakan kebijakan strategis untuk memastikan bahwa instansi pemerintah, seperti LAN selalu diisi oleh tenaga-tenaga yang berkompeten, bersemangat dan memiliki komitmen. “Ini dimaksudkan untuk memberi pengalaman yang sebanyak mungkin dengan penugasan yang berbeda-beda, agar Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki wawasan luas dan kecakapan yang berbeda,” ujarnya Rabu 23/9.

Menurut Guru Besar FISIP Universitas Nasional Jakarta ini, untuk menempati Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) bukan hal yang mudah. “Hanya orang-orang yang memiliki extra ordinary person, yang kemampuannya di atas rata-rata yang bisa lolos,” katanya, seraya menambahkan bahwa saat ini, Kepala BPKP, Kepala BKN, dan Kepala LAN berasal dari internal, meskipun melalui open biding.

Yuddy berharap kepada Kepala LAN yang baru agar terus mengembangkan diri, menimba ilmu pengetahuan, termasuk mengejar gelar profesornya tetapi jangan mengabaikan tugas utamanya sebagai Kepala LAN.

Dia menambahkan, tantangan Kepala LAN saat ini adalah untuk meng-upgrade ASN yang mungkin minim pengetahuan dalam konteks profesionalisme. Selain itu juga memikirkan bagaimana pola pengembangan guru, tenaga administrasi. Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintah yang akan merekrut ratusan ribu tenaga honorer kategori 2 supaya mempunyai pola pengembangan kepegawaian yang baik.

Dalam kesempatan itu, Yuddy mengucapkan terima kasih kepada Kepala LAN sebelumnya yang selama ini telah bekerja keras mengemban amanahnya. Kepada Kepala LAN yang baru pun, diharapkan meningkatkan motivasi dan kinerjanya dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, khusunya membawa LAN memasuki era di masa mendatang. (Gin/ HUMAS MENPANRB)

About munir

Lihat Juga

PLT. SEKDA PIMPIN MONITORING TINGKAT KEHADIRAN PNS PASCA LIBUR HARI RAYA 2018

bkd.bondowosokab.go.id. Monitoring tingkat kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten Bondowoso hari ini berlangsung serentak. …