KEWAJIBAN FINGERPRINT FLEKSIBEL BAGI PNS TERTENTU

bkd.bondowosokab.go.id. Kompleksitas permasalahan yang muncul akibat implementasi rekam kehadiran elekronik membuat beberapa pihak harus kembali berkoordinasi. Koordinasi  dilaksanakan untuk mengantisipasi persoalan yang muncul terhadap pegawai negeri sipil (PNS) yang jam kerjanya tidak bisa di prediksi, karena keterbatasan perangkat absen elektronik dan pekerja PNS dengan sistim shift.

Terdapat beberapa PNS yang jam kerjanya tidak sesuai jam kerja dan beberaja jenis PNS yang jam kerjanya sering melampaui jam kerja normal. Sehingga perlu diakomodir dalam regulasi dalam bentuk perlakuan khusus.

Rapat koordinasi diikuti oleh stake holder antara lain, BKD, badan pengelola aset dan keuangan daerah (BPKAD),Bagian Administrasi Pembangunan, Bagian Hukum dan Bagian Organisasi.

Dalam arahannya kepala BKD memberikan paparan bahwa harus ada fleksibilitas terhadap beberapa jenis PNS yang ritme dan jam kerjanya sulit di prediksi, sehingga jika diberlakukan ketentuan yang sama akan sangat memberatkan dan mengganggu kinerjanya.

“Kesimpulannya terhadap beberapa jenis PNS seperti penyuluh pertanian, satpol PP yang dipekerjakan di luar instansi induknya, petugas kebersihan, sekretaris desa  dan juru pengairan tetap diwajibkan melakukan finger print pada saat masuk,” papar kepala BKD. Namun dijelaskan karena pada saat pulang kerja jika tidak memungkinkan melakukan rekam kehadiran maka diputuskan untuk menggunakan absen manual dengan catatan setiap minggu membuat rencana kerja yang diketahui oleh Camat. Sehingga kinerja para PNS dengan perlakuan khusus ini tetap bisa dipantau dan dipertanggungjawabkan.

Rapat koordinasi masih akan terus berlanjut dalam beberapa hari ke depan terkait dengan mekanisme pembayaran TPP terhadap PNS dengan perlakuan khusus, sehingga diharapkan potensi persoalan baik akibat pemberlakuan rekam kehadiran elektronik maupun pembayaran TPP  dapat diminimalisir. (Munir)

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …