Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menerima kunjungan dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Rabu (24/2/2016). (Foto : Kis)

Kepala BKN Ajak BKD Buat ‘Kegaduhan’ untuk Wujudkan Manajemen ASN Lebih Profesional

Jakarta-Humas BKN, Pengelola kepegawaian di seluruh Indonesia diharapkan mampu melakukan extraordinary action terkait masalah kepegawaian. Salah satu hal yang perlu untuk dilakukan adalah dengan mengupayakan peningkatan kompetensi dan profesionalisme pegawai dari yang sebelumnya hanya dalam bentuk konvensional administrasi semata. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menerima kunjungan dari Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, Rabu (24/2/2016). Lebih lanjut Kepala BKN menjelaskan bahwa pengelola kepegawaian selain mempunyai tantangan dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pegawai, eksistensi pengelola kepegawaian juga menjadi satu hal yang perlu diperjuangkan.

Oleh karenanya perlu adanya challenge agar terjalin networking baik antara BKN dengan BKD, ataupun antar BKD. “Adanya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian pertama tahun lalu yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden telah sukses menjadi titik balik untuk membangun networking dan saling kunjung antar BKD, bahkan saat ini ada semangat berkompetisi untuk saling menuju ke arah yang lebih baik,” tandas Kepala BKN.

Kepala BKN menambahkan perlunya upaya yang sungguh-sungguh untuk membenahi kepegawaian sebagai faktor utama reformasi birokrasi di Indonesia. “Undang-undang ASN secara sadar menempatkan manajemen ASN sebagai leading point dalam reformasi birokrasi, bukan di budget,” ujar Kepala BKN. Kepala BKN pada kesempatan itu juga mengajak untuk membuat ‘kegaduhan-kegaduhan’ sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa geliat perkembangan dan perbaikan manajemen kepegawaian sebagai bagian reformasi birokrasi benar-benar ada dan berjalan menuju manajemen ASN yang lebih profesional.

Kunjungan ini dilakukan langsung oleh Kepala BKD Provinsi Jawa Barat Sumarwan Hadisoemarto beserta jajarannya di BKD Provinsi Jawa Barat. Kepala BKD menjelaskan bahwa kunjungan ini sebagai bentuk perkenalan, bersilaturahmi serta menjalin networking dengan BKN, karena Kepala BKD ini baru menduduki jabatan ini pada 11 Januari 2016. fhu

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …