Breaking News

KENANG TRAGEDI GERBONG MAUT, “MABON” KEMBALI DIGELAR

bkd.bondowosokab.go.id. Antusiasme masyarakat Bondowoso tak pernah luntur. Terbukti dengan ribuan peserta baik beregu maupun perorangan kembali tumpah ruah di sepanjang jalan Maesan –Bondowoso dalam event gerak jalan tradisional  gerbong maut 2017 (Sabtu, 25/11). Gerak jalan yang lebih familiar disebut “Mabon”  ini digelar untuk mengenang peristiwa tragis jatuhnya banyak korban pejuang pasca perjuangan kemerdekaan  tahun 1947 silam.

Dalam laporannya, kepala dinas pariwisata pemuda dan olahraga (Drs. Harry Patriantono,MM), menyebut bahwa jumlah peserta perorangan yang terdaftar sebanyak 1657 orang dan 78 peserta beregu. Gerak jalan “Mabon” menempuh jarak kurang lebih  13 km dengan titik start di depan kantor kecamatan Maesan dan finish di area monumen gerbong maut Bondowoso.

Tampak hadir di tribun kehormatan di titik start  antara lain ketua DPRD Kab Bondowoso, Kapolres, Komandan Kodim 0822,Sekretaris Daerah, Asisten I, kepala BKD, seluruh anggota forum pimpinan daerah dan para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Bondowoso.

Membacakan sambutan Bupati yang kebetulan berhalangan hadir, sekretaris daerah menyampaikan bahwa momentum gerak jalan “Mabon” kali ini merupakan ajang untuk menghargai dan mengenang para pejuang yang telah berkorban demi kemerdekaan. “Saya berharap event gerak jalan tradisional ini juga menjadi ajang silaturrahmi semua unusur pemerintahan dan masyarakat, “ujar Sekretaris daerah membacakan sambutan.Tak lupa dalam sambutannya Bupati menyampaikan pesan bahwa menjelang pelaksanaan Pilkada serentak agar masyarakat tetap menjaga kebersamaan dalam perbedaan.

Ketua DPRD (H. Ahmad Dhafir, SAP) didaulat untuk menggunting  utas tali balon sebagai tanda dimulainya gerakjalan. Kemudian secara bergantian, sekretaris daerah, kapolres dan komandan kodim melepas peserta.

Diawali oleh barisan drumband, kemudian rombongan pecinta sepeda jadul, peserta “Mabon” diberangkatkan sekitar pukul 15.00WIB.

Setelah melepas ratusan peserta, rombongan ketua DPRD beserta forpimda didampingi oleh jajaran pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Bondowoso ikut berpartisipasi berbaur dengan ribuan peserta lainnya. Sepanjang  jalan Maesan –Bondowoso praktis dijejali oleh peserta “Mabon”. Sementara masyarakat sepanjang   jalan yang dilalui tampak menyemut menyambut peserta gerak jalan  sembari menyiapkan air mineral gratis dan suguhan hingar bingar sound system.

Event “Mabon” kali ini kian menarik dengan keikutsertaan prajurit dari batalyon 514 raider dengan membawa peralatan dan persenjataan lengkap seolah siap tempur. Tak lupa beberapa sisa pelaku sejarah/ veteran ikut ambil bagian dengan mengendarai mobil militer.

Meski tak lagi muda, ketua DPRD, Sekretaris daerah  beserta seluruh  jajaran forpimda dan pejabat lainnya tampak semangat mengikuti gerak jalan.

Hujan deras separuh perjalanan tak juga membuat semangat menjadi kendur. Dalam keadaan basah kuyup diterpa hujan seluruh peserta tetap bertahan dan larut dalam  semangat kebersamaan. Bersama ribuan peserta dari berbagai lapisan akhirnya menjelang petang rombongan forpimda akhirnya  tiba di garis finis.(Munir)

About munir

Lihat Juga

LIBAS KEC. WRINGIN, TIM VOLLEY BALL BKD MELAJU KE BABAK KEDUA

bkd.bondowosokab.go.id. Tim bola volley BKD Bondowoso hari ini berjaya.  Setelah bermain  dua set langsung dan …