Breaking News

KABAR DARI RAKORNAS KEPEGAWAIAN 2016

Bkd.Bondowoso.Info.Dalam rangka memperkuat konsolidasi dalam pembinaan Manajemen Kepegawaian dengan seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian dan membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan Manajemen Kepegawaian yang Profesional, Bermartabat, dan Berdaya Saing Global melalui percepatan perubahan Pola Pikir (Revolusi Mental) Pegawai Negeri Sipil (PNS), Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2016, sebagai kesinambungan dari Rakornas Kepegawaian tahun sebelumnya.

Rakornas Kepegawaian dilaksanakan di Gedung Bidakara, Kamis (26/5/2016). Acara dibuka Wapres Jusuf Kalla dan dihadiri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Menkumham. Rakornas diikuti oleh 632 instansi terdiri dari lembaga, kementrian dan perwakilan pengelola kepegawaian daerah propinsi serta kabupaten/kota.

Rakornas Kepegawaian dibuka dengan Tarian Daerah dari Aceh “Tari Puket” yang menggambarkan keahlian, kekompakan dan kerja sama sehingga mewujudkan hasil yang baik. Begitu pula harapan para ASN di Indonesia, Wakil Presiden Yusuf Kalla menyampaikan beberapa tahun terakhir terjadi perubahan yang menjadi tantangan bangsa Indonesia antara lain Perubahan karena sistem pemerintahan, Perubahan teknologi dan Perubahan persaingan.

Wakil Presiden berpesan dalam Rakornas Kepegawaian 2016 kepada seluruh instansi agar segera mempercepat layanan kepada masyarakat berdasarkan teknologi sehingga tercipta birokrasi yang efektif. Birokrasi yang efektif akan menciptakan produktivitas yang tinggi sehingga terwujud masyarakat yang adil dan makmur. ASN juga dituntut untuk mengubah karakter, lebih inovatif dan kreatif melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental

Salah satu narasumber yang diundang,Ketua KPK, Agus Rahardjo memaparkan materi “Mewujudkan Kepegawaian yang bebas dari Praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme
Agus Rahardjo menyampaikan terdapat 7 klasifikasi korupsi :
(1) Merugikan Keuangan Negara,
(2) Suap,
(3) Gratifikasi,
(4) Penggelapan dalam Jabatan,
(5) Pemerasan,
(6) Perbuatan curang, dan
(7) Konflik Kepentingan.
“ KPK akan segera mengundang BKN, Menpan & RB serta Menteri Keuangan untuk membahas perwujudan Reformasi Birokrasi yang tidak diskriminatif, ungkap Agus Rahardjo mengakhiri paparannya.

BKN juga mengundang Ari Ginanjar, pendiri ESQ Leadership Center sebagai salah satu pengisi acara dalam Rakornas. Ari Ginanjar memberikan sharing dalam sesi “Akselerasi Revolusi Mental melalui implementasi Nilai Dasar ASN” diharapkan dapat memotivasi para peserta sebagai Pengelola Kepegawaian untuk melakukan semangat perubahan.
Sementara itu menteri PMK, Puan Maharani menyampaikan bahwa pada tahun 2016 Gerakan Nasional Revolusi Mental 30% perubahan ditujukan untuk masyarakat dan 70% ditujukan untuk ASN.


Dalam pemaparannya Puan Maharani menyampaikan bahwa Badan Kepegawaian Negara memiliki peran strategis dalam pembinaan ASN, melalui:
1. Revitalisasi sistem dan manajemen birokrasi publik secara efisien dan responsif,
2. Fokus pada pencapaian kinerja, dan
3. Pengembangan SDM Aparatur sebagai pendorong Reformasi
“Bersama membangun bangsa menjadi ASN yang berintegritas, beretos kerja dan bergotong royong,” ujar menteri Puan.

Menteri PMK didampingi Kepala BKN dan Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian BKN menyematkan pin kepada lima “Agent of Change”.
Lima “Agent of Change” ini adalah perwakilan dari Kementerian dan Lembaga serta perwakilan BKD baik Provinsi, Kota dan Kabupaten.

Dalam kesempatan Rakornas kali ini juga diberikan “BKN Award” sebagai wujud apresiasi BKN dan motivasi kepada seluruh instansi di Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik.(Penerima BKN Award click di sini)


Acara di sesi sore diisi dengan talk show mengenai isu-isu strategis di bidang Kepegawaian dengan jajaran Deputi BKN dan ditutup secara resmi oleh Kepala BKN. (Disarikan dari live report Rakornas Kepegawaian 2016 by Munir)

Berita lebih lengkap : bkn.go.id

About munir

Lihat Juga

BERSAMA BKD BONDOWOSO, DWP PERSATUAN ADAKAN PEMBAGIAN ZAKAT FITRAH DAN BHAKTI SOSIAL

bkd.bondowosokab.go.id. Program  rutin berupa bhakti sosial dan pembagian zakat fitrah yang di inisiasi oleh Dharma …