Breaking News

INSPEKTUR KAB. BONDOWOSO SOSIALISASIKAN KODE ETIK PNS DI HADAPAN SEKRETARIS OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Dalam rangka mendorong pemahaman pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah daerah  terhadap kode etik  kepegawaian, hari ini (08/06) BKD mengudang seluruh sekretaris organisasi perangkat daerah (OPD), kepala UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta kepala SMP Negeri se kabupaten Bondowoso untuk mengikuti sosialisasi tentang Kode Etik PNS seperti yang sudah tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2016.

Sosialisasi berlangsung di Aula Antapura Nayaka Wibawa dan diikuti oleh kurang lebih 150 peserta. Turut mendampingi kepala BKD antara lain Sekretaris (Drs.Juni Sukarno,MM), Kabid Penilaian Kinerja dan Penghargaan (Herlan, SH) dan Inspektur Kabupaten Bondowoso.

Dalam laporannya, Wawan Setiawan, SH,.MH menyampaikan bahwa Sosialisasi dilaksanakan sebagai salah satu amanat UU ASN serta sebagai prasyarat untuk mendorong tingkat maturitas SPIP ( Sistem Pengendalian Internal Pemerintah).

“Saya berharap, para pejabat yang diundang pada hari ini betul- betul menjadi panglima di lingkungan kerja masing-masing untuk menegakkan kode etik, menjalankan fungsi kontrol dan menjadi cohtoh bagi semua ASN,” tutur kepala BKD.

Sementara itu sekretaris daerah (Drs. H. Hidayat MSi), yang secara tidak sengaja melakukan inspeksi ke kantor BKD tiba-tiba didaulat membuka acara. Dalam sambutannya Sekretaris daerah menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas berbagai pencapaian yang diraih oleh pemerintah kabupaten Bondowoso. “Atas kerja keras semua pihak, seperti kita ketahui pemerintah kabupaten Bondowoso kembali meraih WTP untuk yang ke lima berturut- turut, “ujar Sekda Hidayat. Sekda menjelaskan bahwa predikat WTP tidak diperoleh dengan mudah, untuk mendapatkannya semua pihak sudah  bekerja sangat keras. “Kendati masih banyak kekurangan yang harus dibenahi, saya bersyukur dan berterimakasih atas capaian yang sudah diraih,”Imbuhnya.

Sekda mengajak semua pejabat untuk menjadi pelopor perubahan, “ Jadilah pejabat yang amanah, terus perbaharui pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi, berpikir kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kapasitas organisasi masing-masing,” ujar Sekda.

Menyikapi laporan pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh oknum PNS, kembali sekda mengigatkan bahwa PNS bukan orang bebas, PNS terikat oleh peraturan baik di kantor ataupun di luar kantor. “Jangan sampai, pelanggaran yang sama dilakukan oleh yang lain,” pungkas Sekda Hidayat.

Nara sumber utama dalam kegiatan ini adalah Inspektur Kabupaten Bondowoso (Ir. Wahjudi Tri Atmadji). Inspektur mengulas  detil Perbup Nomor: 55 Tahun 2016  tentang Kode Etik PNS. Disampaikan bahwa Kode Etik, adalah pedoman   tertulis   yang  berisi  norma   atau   etika yang  mengatur  ucapan   maupun   perilaku   Mengenai  hal­ hal yang    diwajibkan,    dilarang,     atau     tidak     patut  dilakukan oleh  PNS dalam rangka   pelaksanaan  tugas, fungsi, wewenang,  kewajiban,   dan tanggung    jawab maupun   daIam  pergaulan  sehari-hari.

Inspektur juga menyampaikan informasi  bahwa tahun depan metode pemeriksaan yang akan diterapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan berbeda. “Saya minta agar semua OPD lebih tertib dalam mengelola anggaran, saya akan lakukan evaluasi stock of name (perhitungan fisik persediaan. red) paling tidak dua kali satu tahun ke masing-masing OPD,” papar Inspektur.(Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

Verifikasi Berkas Dupak Diikuti 356 Pemangku Jabatan Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id  Sebanyak 356 pemangku jabatan fungsional mengikuti kegiatan penilaian kinerja berupa verifikasi berkas kelengkapan Dupak …