GILIRAN KEC. TEGALAMPEL, TUAN RUMAH SOSIALISASI KORPRI

BKD-Bondowoso.Info. Menjelang dilakukan perubahan status Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri) yang mulai tahun depan berubah penamaan menjadi Korps Aparatur Sipil Negara (Korps ASN), Dewan Pengurus Korpri Bondowoso terus gencar melakukan pembinaan jiwa korsa bagi anggotanya. Ini dilakukan agar jiwa korsa tetap tertanam dengan baik di tubuh anggota Korpri meski telah diberlakukan UU No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).
Demikian dikatakan Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Bondowoso, Drs. H. Hidayat, MSi., pada Pembukaan Rapat Pembinaan Jiwa Korsa Bagi Anggota Korpri (ASN) yang dihadiri pejabat eselon II dan seluruh anggota korpri di Kecamatan Tegalampel Tahun 2015 di Aula SMKPP, Kamis (05/11).

Beliau mengatakan, pemahaman jiwa korsa sebagai konsekuensi pemberlakuan UU No 5/2014 tentang ASN sangat penting untuk terus dilakukan. Ini penting, pasalnya saat ini ada isu yang berkembang bahwa lembaga Korpri akan bubar. Padahal, sesuai Pasal 126 UU tersebut telah disebutkan bahwa status Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri) mulai tahun depan hanya ada perubahan penamaan menjadi Korps Aparatur Sipil Negara (Korps ASN).
“Karena sebagai pemersatu bangsa, maka Korpri itu masih tetap ada dan tidak bubar hanya penamaan saja yang akan disesuaikan sesuai pedoman dalam UU No 5 Tahun 2014,” ujarnya .

Karena itu, beliau berharap situasi ataupun informasi tentang perubahan nama kelembagaan itu tidak membuat perubahan pola pikir, tapi perlu disikapi dan memerlukan peran aktif seluruh anggota Korpri agar informasi itu dapat tersampaikan sampai dengan tingkat bawah dengan benar. Menyikapi pemberlakuan UU tersebut, sekda memaparkan bahwa ini dilakukan juga sebagai langkah persiapan status Korps Pegawai Negeri Sipil (Korpri) yang mulai tahun depan berubah penamaan menjadi Korps Aparatur Sipil Negara (Korps ASN). Oleh karena itu, mulai tahun ini seluruh jajaran Korpri harus bersiap untuk berbenah dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, meski PP yang mengaturnya masih dalam pembahasan.

Baginya, di era reformasi birokrasi, Korps ASN ke depan harus mengubah budaya kerja yang kurang kompeten, berbeli belit, boros dan ego sektor menjadi birokrasi yang kompeten, sederhana, hemat, dan bekerjasama lintas sektor. Ini adalah tantangan Korpri ke depan dan harus diselesaikan mulai sekarang. Oleh karena itu, seluruh jajaran anggota Korpri harus bisa menyamakan langkah, persepsi, visi dan misi keberadaan lembaga Korps ASN ke depan. (Jan – H)

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …