Gandeng LPMP, Rekrutmen CPNS 2014 Bondowoso – Gunakan CAT-UKG online.

BKD-BONDOWOSO,  Ada suasana berbeda dalam rapat kali ini Kamis (9/10/2014), suasana agak serius terasa sejak pembukaan acara. Pasalnya sebelum dimulai, Kabid Pengembangan BKD Bondowoso (Sholikin, SPd, MSi) sempat memberikan arahan bagi seluruh peserta rapat agar mencurahkan seluruh atensi untuk bisa memahami apa yang akan disampaikan oleh nara sumber.

Dibuka oleh Drs. Agus Salam, SH, Msi, selaku kepala BKD Bondowoso, rapat berlangsung sejak pagi hingga siang. Dalam paparannya kepala BKD menyampaikan secara mendasar perubahan prosedur yang terjadi dalam sistem rekrutmen CPNS kali ini, sesuai dengan perintah Menpan- RB, bahwa rekrutmen CPNS saat  ini harus menggunakan fasilitas UKG dilingkungan dinas pendidikan setempat, ditegaskan pula bahwa sistem yang dibangun oleh pemerintah adalah akibat tuntutan masyarakat agar rekrutmen CPNS berlangsung lebih transparan dan akuntabel.

Mengakomodir keinginan banyak pihak maka sejak pendaftaran sampai denganpelaksanaan, proses penjaringan CPNS menggunakan sarana teknologi informasi.

Wahyu Nugroho, perwakilan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Propinsi Jawa Timur kemudian menyampaikan secara garis besar proses pelaksanaan persiapan dan pelaksanaan tes CPNS dengan CAT-UKG online. Beberapa point penting yang disampaikan adalah kehandalan sistem kerja UKG yang sudah teruji dalam pelaksanaan CPNS 2014. “Tes CAT – UKG online memberikan kemudahan dalam pelaksanaan dan koreksi soal, sebab begitu tes rampung para peserta sudah bisa mengetahui nilai dan ranking pada hari yang sama,”tukas Wahyu memberikan gambaran.

Sistem ini juga dibangun dengan tingkat keamanan yang tinggi, sehingga LPMP menjamin bahwa sistem ini betul- betul aman, bebas dari intervensi dan potensi kecurangan.

Rapat persiapan yang diikuti oleh koordinator pelaksanaan ujian di masing-masing sekolah/Kepala Sekolah, operator dan teknisi  sistem UKG serta pengawas yang terdiri dari unsur BKD, selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan konsolidasi lanjutan sabtu depan di SMKN 1 Bondowoso. 5 titik yang akan menjadi lokasi pelaksanaan ujian antara lain adalah SMKN 1, SMKN4, SMA2, SMA3 dan SMA1 Bondowoso.

Menutup pertemuan kepala BKD menyampaikan pesan agar masyarakat tidak apriori dan curiga dengan pelaksanaan ujian CAT kali ini, “Tolong sampaikan kepada siapapun, bahwa ujian CPNS 2014 dijamin transparan, adil dan bebas dari celah intervensi,” pungkas Agus Salam menutup acara. (Inka BKD)

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …