GALI PERMASALAHAN, VISITASI DIKLAT PIM II DARI LAN UPAYAKAN SOLUSI KOMPREHENSIF

BKD.Bondowoso.Info. Hari pertama kegiatan visitasi dan orientasi lapangan peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat PIM II) dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) mulai berlangsung (4/4). Setelah diterima dan beraudiensi dengan Wakil Bupati kemarin, rombongan bertolak ke dua desa sasaran  di wilayah kecamatan Ijen. Setelah sempat rehat di Kantor Kecamatan Ijen, didampingi oleh   kepala bidang  Diklat  BKD dan beberapa staf,  peserta langsung menuju balai desa Kalianyar dan Sumberrejo.Kendati sepanjang perjalanan dihadang oleh bahaya longsor di beberapa titik karena  hujan deras, akhirnya semua mobil rombongan tiba dengan selamat.

Tanpa buang waktu, dua kelompok  tim  langsung beraudiensi dengan kepala desa  dan sekretaris desa setempat. Di balai desa  peserta yang terdiri dari perwakilan BPK, BPKP, BNN, Pajabat Kementrian dan beberapa pimpinan OPD Pemerintah Daerah  langsung  terlibat diskusi serius dan dipantau langsung oleh Camat Ijen. Pasalnya waktu  efektif yang tersedia cukup pendek. “ Target sampai malam nanti kita sudah berhasil mengidentifikasi masalah untuk kami  bahas dan kami rumuskan rekomendasinya, “Tandas Ibu Lilik sebagai salah satu perwakilan dari LAN, tetap bersemangat meski harus melawan udara dingin.

Banyak hal yang menjadi topik bahasan. Mulai dari status tanah yang keseluruhan tidak bisa dijadikan hak milik, potensi pariwisata, air bersih, tranportasi, kondisi sosial ekonomi dan banyak potensi desa yang belum terangkat. Tim melihat banyak potensi yang harus dikelola dan dimanage dengan lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala BKD (Wawan Setiawan, SH.,MH) yang ikut bergabung dalam keseruan diskusi bersama Sekretaris (Drs. Juni Sukarno,MM)  juga ikut menawarkan solusi perihal kemungkinan pengelolaan potensi wisata bersama Purhutani secara lebih adil dan berkelanjutan, mengingat nyaris semua area  wisata adalah lokasi milik Perum Perhutani.

“Wilayah kami mempunyai beberapa daerah wisata unggulan, namun pengelolaan nya masih perlu dioptimalkan,“ tukas Sekdes Kalianyar memberikan keterangan. Diskusi berlangsung sangat serius hingga sore hari  dan disepakati malamnya akan mengundang semua perangkat desa, tokoh masyarakat dan PKK untuk mengetahui kebutuhan dan persoalan ril yang dihadapi masyarakat di dua desa tersebut.

Jeda waktu menjelang magrib dimanfaatkan oleh peserta untuk berkunjung ke salah satu destinasi wisata terdekat yakni pemandian air panas yang tepat berada di kaki ijen. Selama kurang lebih 1 jam didampingi oleh kepala BKD, peserta menikmati panasnya air belerang dengan cara berendam sembari menikmati sejuknya udara bersih pegunungan.

Hari ini seluruh peserta akan kembali ke  Bondowoso untuk segera menyusun laporan hasil kegiatan beserta rekomendasi penyelesaian masalah  di salah satu hotel di kawasan kota Bondowoso. (Munir)

About munir

Lihat Juga

PLT SEKDA HADIRI SOSIALISASI PERATURAN KEPEGAWAIAN 2018 DI DUA KECAMATAN

bkd.bondowoso.go.id. Sosialisasi Peraturan Kepegawaian tahun anggaran 2018 kali ini terasa lebih istimewa. Pasalnya dalam dua …