GAGAS REVITALISASI SIMPEG UNTUK PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPAGAWAIAN, KEPALA BKD LAPOR BUPATI

BKD.Bondowoso.Info. Gagasan kepala BKD untuk melakukan beberapa inovasi dalam upaya peningkatan pelayanan administrasi kepegawaian mendapat sambutan positif dari Bupati Bondowoso (Drs. H. Amin Sa’id Husni). Hal ini tersirat dari pernyataan Bupati ketika menerima laporan dari kepala BKD ( Senin, 23/05) terkait dengan tugasnya sebagai salah satu peserta diklat PIM II yang sampai saat ini masih berlangsung.

Bupati menyampaikan dukungan penuh rencana optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang akan dijadikan piranti utama dalam peningkatan pelayanan administrasi ke depan sebab optimalisasi SIMPEG akan membawa konsekwensi terhadap peningkatan kualitas dan kecepatan pelayanan publik.
Dalam laporannya kepala BKD menyampaikan detil rencana aksi dalam waktu dekat terkait dengan perubahan dan kemanfaatan SIMPEG bagi user/penerima layanan.

Sambutan positif juga disampaikan oleh wakil bupati Bondowoso. Dalam laporannya kepala BKD juga menyampaikan gambaran perubahan yang akan terjadi dengan memanfaatkan aplikasi dan manfaat yang akan diterima oleh seluruh pegawai.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Drs. H. Hidayat, Msi) ketika menerima laporan dari Kepala BKD di kediamannya (24/05). Sekda Hidayat mengapresiasi rencana kepala BKD untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan aplikasi kepegawaian yang ada. “Yang penting manfaatnya secara nyata akan dirasakan oleh semua pegawai,” tutur Sekda Hidayat.

Seperti diketahui bahwa secara umum Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendukung Sistem Manajemen Pegawai yang rasional dan pengembangan sumber daya manusia aparatur pemerintah, mewujudkan data kepegawaian yang mutakhir dan terintegrasi, menyediakan informasi pegawai yang akurat untuk keperluan perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan pengendalian pegawai serta membantu kelancaran pekerjaan di bidang kepegawaian.

Sedangkan manfaat optimalisasi SIMPEG antara lain adalah pelacakan informasi data seorang pegawai akan mudah dan cepat, mempermudah dan mempercepat pembuatan laporan, mendapatkan informasi tentang keadaan pegawai dengan cepat dan akurat, mengetahui dan merencanakan distribusi pegawai sesuai dengan kebutuhan.

Bagi penerima layanan, SIMPEG dengan segala fitur unggulannya akan menjadi alat yang sangat memberi kemudahan. Sehingga prosedur pelayanan yang selama ini dinilai lamban dan cenderung berbelit dapat dipangkas menjadi lebih mudah, singkat dan sederhana.

“Ke depan para pegawai sudah tidak usah repot dan khawatir lagi mengurus proses kenaikan pangkat dan gaji berkala, karena akan ada early warning system melalui pemanfaatan SIMPEG dan SMS Gateway dan sebelum jatuh tempo proses perubahan administrasi akan dilakukan secara otomatis tanpa menunggu usulan terlebih dahulu,” Ungkap Kepala BKD di hadapan Sekretaris Daerah.

Laporan kepala BKD ini disampaikan sebagai bagian dari pelaksanaan tugasnya selaku peserta diklat PIM II di Surabaya yang sampai saat ini masih berlangsung.(Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

BIDAN EKS PTT KEMENKES MENJADI PESERTA PEMBEKALAN HARI KE DUA

bkd.bondowosokab.go.id. Pembekalan bagi PNS yang akan diambil sumpah memasuki hari ke dua (13/11). Masih di …