DUKUNG “GERDU BERSINAR” TIM PENGAWAS DAN PENEGAK DISIPLIN GELAR RAZIA PNS DI TEMPAT UMUM

BKD.Bondowoso.info. Hari ini tim pengawas dan penegak disiplin pergoki beberapa PNS yang berada di tempat umum pada saat jam dinas. Beberapa PNS terjaring di beberapa lokasi sasaran razia. Tim yang terdiri dari unsur BKD, Inspektorat dan Sat Pol PP terbagi menjadi 3 kelompok dengan tiga sasaran berbeda.

Di Salah satu Restoran Jl. Santawi

Dalam sambutan persiapan, Sekretaris BKD (Drs. H. Achmad Gazali, S.Sos,.MM) mengatakan bahwa razia kali ini merupakan tindak lanjut dari banyaknya laporan tindakan indisipliner PNS dan salah satu dukungan terhadap Gerdu Bersinar (Gerakan Terpadu Bersih Dari Kemaksiatan dan Narkoba) yang beberapa saat yang lalu di launching oleh Bupati Bondowoso.

Jaring PNS di Jl. RE. Martadinata

“Salah satu upaya kita untuk menegakkan displin adalah melakukan upaya represif dengan cara razia, agar PNS menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, bagaimana masyarakat mau baik kalau aparatur pemerintahnya tidak dapat menjadi teladan bagi masyarakat,?” ujar Gazali.

Tempat keramaian seperti pusat pertokoan, warung makan/restoran dan pasar tradisional menjadi sasaran utama razia. Tim satu menyusuri jalan Imam Bonjol, RE. Martadinata, Pusat Pertokoan pecinan dan area depan pasar Bondowoso. Di pertokoan pecinan tim memergoki dua orang guru yang tengah asyik belanja keperluan pribadi, demikian pula di beberapa warung makan, dijumpai PNS yang mangkir dari tempat kerja pada saat jam dinas dengan dalih belum sarapan.

Tim dua melakukan razia di seputar stadion Magenda dan beberapa restoran yang diduga biasa menjadi tempat mangkal PNS nakal di seputaran RSU dr. H. Koesnadi. Sedangkan tim tiga menyusuri sepanjang jalan Tamansari (KIS. Mangun Sarkoro – Jl. Santawi) dan sekitarnya.

Jaring PNS di depan Pertokoan

Total ada 15 PNS yang ketahuan berada di tempat umum pada saat jam dinas. Terhadap mereka yang terjaring kemudian dimintai identitas, dikroscek dengan database pegawai dan diminta menulis alasan keluar pada saat jam dinas sebelum menandatangani daftar rekapitulasi PNS yang terjaring razia. Terhadap PNS yang kedapatan mangkir kerja, akan dilakukan pembinaan dengan tahapan pemanggilan dan pemberian sanksi sesuai dengan peraturan.

Di Salah satu Warung Makan/Restoran

Razia kali ini diharapkan berdampak positif bagi PNS yang lain. Terbukti baru pertama dilakukan sudah beredar kabar secara viral hampir ke seluruh Kabupaten Bondowoso melalui SMS dan media sosial. Dimintai pendapatnya, Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai, Herlan, SH berpendapat bahwa kegiatan razia seperti ini akan membuat PNS lebih berhati- hati untuk melanggar jam dinas. “Tapi bukan semata- mata ingin membuat takut PNS, razia dilakukan untuk menegakkan disiplin dan mendukung program Bupati agar aparatur pemerintah kabupaten Bondowoso menjadi memiliki perilaku yang dapat dicontoh oleh masyarakat, “ ungkap Herlan.

Ke depan kegiatan serupa masih akan terus berlangsung dan menyasar tempat- tempat yang menurut informasi menjadi lokasi favorit bagi PNS yang sering meninggalkan kantor pada saat jam dinas. (Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

Siap Tempur, 8 Peserta Seleksi Terbuka JPT Paratama Segera Ikuti Tes Kompetensi Manajerial

bkd.bondowosokab.go.id. Kegiatan seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama untuk dua jabatan lowong yakni pada dinas Ketahanan …