DORONG PENINGKATAN KOMPETENSI, 40 PESERTA IKUTI DIKLATSAR SATPOL PP 2018

bkd.bondowosokab.go.id. Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Satuan Polisi Pamong Praja pemerintah kabupaten Bondowoso kembali di gelar (11 Juli 2018). Diklat kali ini mengikutsertakan 40 peserta yang terdiri dari petugas dari satuan polisi pamongpraja baik yang bertugas di pemerintah kabupaten Bondowoso maupun di beberapa kecamatan di wilayah kabupaten Bondowoso.

Dalam laporannya Drs. Apil Sukarwan selaku sekretaris BKD Bondowoso  mengatakan bahwa diklat dasar satpol PP yang tengah dilaksanakan ini dilatarbelakangi oleh berlakunya peraturan Menteri PAN-RB Nomor 4 tahun 2014 tentang jabatan fungsional polisi pamong praja dan angka kreditnya yang  menyebutkan bahwa diklat dasar polisi pamong praja adalah salah satu syarat untuk diangkat dalam jabatan fungsional polisi pamong praja, semakin kompleknya permasalahan yang dihadapi di lapangan dan menjalankan tupoksi penegakkan peraturan daerah sebagai penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta kurangnya pemahaman tentang peraturan perundang – undangan yang berlaku sebagai dasar atau payung hukum dalam menjalankan tupoksi sebagai satpol pp.

Lebih lanjut sekretaris BKD memaparkan bahwa diklat kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku,  meningkatkan profesionalisme polisi pamong praja dalam melaksanakan tugas penegakkan peraturan daerah, penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat dan menyediakan pegawai yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugas dan persyaratan untuk diangkat menjadi polisi pamong praja.

Adapun narasumber atau instruktur dalam diklat dasar polisi pamong praja pemerintah kabupaten bondowoso berasal dari  satuan polisi pamong praja provinsi jawa timur, badan diklat propinsi jawa timur, polda jawa timur, kodim  0822 bondowoso dan polres bondowoso serta beberapa narasumber dari organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten bondowoso.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam diklat antara lain kuliah/tatap muka, komprensi, study kasus, bench marking to best practice dan outbound.

Sementara itu perwakilan dari Badan Diklat Propinsi Jawa Timur,  Zainal Muttaqien, S.Sos,.MM  mengatakan bahwa diklat dasar satpol PP mempunyai peran penting untuk meingkatkan kompetensi dan profesionalisme anggota satpol PP. “Jika saudara-saudara mengikuti deklat ini dengan serius saya yakin akan ada peningkatan kinerja, karena diklat ini menggunakan pendekatan praktis yang mudah diadopsi oleh peserta,” ungkap Zainal Muttaqin.

Sementara itu kepala satuan polisi pamong praja (Aries Agung Sungkowo, SH) mengajak seluruh peserta untuk mengikuti diklat sampai tuntas. “Saya berharap semua anggota satpol PP yang kebetulan terpilih menjadi peserta benar-benar serius mengikuti diklat agar dapat memberikan andil terhadap kinerja organisasi,” pungkas kepala Satpol PP. Pada kesempatan ini pula disaksikan oleh perwakilan dari Badan Diklat Propinsi,  kepala satpol PP ikut menandatangani pakta integritas dan  menyematkan tanda peserta secara simbolis sebagai tanda dimulainya kegiatan diklat.

Diklatsar satpol PP kali ini akan berlangsung mulai tanggal 11 – 26 Juli 2018 di Balai Latikan Kerja Pemerintah kabupaten Bondowoso. (Munir).

 

 

About munir

Lihat Juga

BUPATI, AMBIL SUMPAH DAN LANTIK PENJABAT SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan penjabat sekretaris daerah kabupaten Bondowoso usai sudah (Jum’at, 30/11). …