Breaking News

DORONG PENINGKATAN KINERJA – BKD BONDOWOSO LAKSANAKAN “LEADERSHIP TRAINING AND FIREWALK THERAPY”

1 Inka – BKD Bondowoso . Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Teknis Tugas dan Fungsi Pegawai Negeri Sipil Daerah  kali ini dikemas dalam acara yang bertajuk “Leadership Training And Firewalk Therapy”. Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 71 peserta ini berlangsung pada hari Sabtu, 10 Mei 2014.

Tepat pukul 08.00 WIB, rombongan peserta yang terdiri dari semua kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se Kabupaten Bondowoso berangkat dari halaman Kantor Pemkab Bondowoso   menuju Kalibaru Cottage di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Cafe and rest area Gumitir yang terletak di kawasan hutan lindung,  menjadi  tempat pilihan rombongan untuk sekedar istirahat melapas penat setelah beberapa jam perjalanan. Di kawasan ini semua peserta pelatihan menyempatkan diri makan siang  sembari menikmati kawasan perkebunan dan hutan yang tampak masih asri.

Sejurus kemudian tibalah rombongan di pelataran  Kalibaru Cottage sebagai lokasi kegiatan utama.

2 Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Drs. Hidayat, Msi) mewakili Bupati Bondowoso yang berhalangan hadir. Dalam Kesempatan membuka acara, sekretaris Daerah menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan urgensi pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pegawai terutama unsur pimpinan satker agar senantiasa mempunyai keisapan dalam mengadapi tantangan serta hambatan yang dihadapi baik berupa skills problem, knowledge, problem dan motivation (leadership) problem.

“Melalui pelatihan kepemimpinan dan firewalk therapi ini saya harap semua peserta dapat meningkatkan kemampuan sebagai bekal dalam mengelola SKPD yang dipimpinnya, “pungkas Hidayat.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso (Drs. H. Agus Salam, SH,.Msi), menyampaikan bahwa Pemeritah Daerah melalui BKD, hanya mampu memberikan  fasilitas dan akomodasi dalam pelatihan ini. “ Adalah kewajiban saudara untuk mengikuti dan mengembangkan  diri menjadi sosok yang mampu menghadapi tuntutan dan tantangan perkembangan  jaman, permasalahan kerja yang semakin komplek dan pentingnya kemampuan pengendalian diri dalam segala kondisi dan situasi, “ ujarnya turut memberikan motivasi.

3Pelatihan ini dilaksanakan dengan sistem In door training berupa program pelatihan mentoring di dalam ruangan disertai diskusi, simulasi dan visualisasi berupa film dan Out door training berupa pelatihan psikology dengan firewalk therapy dilaksanakan di lapangan dan dipandu oleh personil dari CV. Mahameru.

Dimintai pendapat, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso, Suryadi, SE sebagai unsur panitia mengatakan  bahwa kegiatan pelatihan seperti ini dapat meningkatkan kinerja positif serta melatih diri dalam pengendalian emosional, sehingga akan banyak berdampak kepada pelayanan  yang lebih baik. “Mudah-mudahan tahun depan dapat dilaksanakan lagi dengan lebih baik, “ ujarnya singkat.

Secara keseluruhan acara berjalan lancar, berlangsung meriah dan berakhir  tepat pukul 20.00 WIB. Setelah mengemas seluruh perlengkapan yang ada, rombongan bertolak kembali menuju Bondowoso sekitar pukul 22.00 WIB. (Munir- inka)

About munir

Lihat Juga

PLT. SEKDA PIMPIN MONITORING TINGKAT KEHADIRAN PNS PASCA LIBUR HARI RAYA 2018

bkd.bondowosokab.go.id. Monitoring tingkat kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten Bondowoso hari ini berlangsung serentak. …