DORONG PENINGKATAN KINERJA APARATUR, 55 PESERTA IKUTI OUTBOUND 2016


BKD.Bondowoso.Info. Akselerasi peningkatan kapasitas aparatur menjadi salah satu agenda utama pasca diundangkannya UU ASN, karena UU ASN mempersyaratkan kompetensi dan kinerja aparatur birokrasi sebagai faktor utama bagi penggerak reformasi birokrasi.

Oleh karena itu diperlukan upaya dan cara luar biasa untuk mendorong kinerja aparatur yang berujung pada peningkatan layanan publik yang lebih akuntabel dan berkualitas.
Outbound merupakan salah satu cara untuk mendorong kinerja aparatur. Bukan hanya bermakna hura- hura namun merupakan kegiatan diluar ruang yang bermakna “out of boundarries/ keluar dari bingkai/frame kebiasaan, dimana peserta diajak untuk berpikir luar biasa dan membuat terobosan-terobosan baru.

Sehubungan dengan meningkatnya ekspektasi masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik maka outbound dipandang sebagai salah satu cara untuk mendorong akselerasi peningkatan klualitas sumberdaya aparatur pemerintah agar dapat memenuhi tuntutan dimaksud.

Karena itu pula BKD Bondowoso kembali melaksanakan outbound bertajuk “pendidikan dan pelatihan tugas dan fungsi bagi pns daerah” yang kali ini menyasar peserta dari kalangan sekretaris Badan/Dinas dan Kecamatan se Kabupaten Bondowoso dan dipandu oleh PRIMADATA EO Bondowoso.


Berangkat dari halaman BKD Bondowoso sekitar jam 20.00 WIB (Jumat 11/03), seluruh panitia dan 55 peserta outbound bergerak menuju pulau dewata (Bali). Setelah jeda istirahat, pagi harinya peserta langsung menjalani aktivitas outdoor berupa aneka permainan yang dapat mengasah kemampuan, kepercayaan diri, mental dan pola pikir peserta.
Didampingi langsung oleh kepala BKD (Wawan Setiawan, S.H,M.H) dan Inspektur Kabupaten Bondowoso Outbond hari ini berlangsung dari pagi hingga malam.

Dengan metode pembelajaran eksperiensial atau lebih dikenal dengan “learning by doing”, peserta akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam lingkungan kerja masing- masing, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah.

Out put dari kegiatan ini antara lain peserta akan dapat lebih memahami arti yang sebenarnya dari sebuah tantangan, tidak mengenal putus asa, mendapatkan pemahaman yang sebenarnya tentang motivasi, kerja sama dan kepemimpinan, lebih arif dalam melihat potensi diri. mampu memaknai dengan benar arti sesungguhnya dari kata komunikasi efektif dan mendapatkan kesegaran baik secara jasmani maupun rohani Bersambung——(Munir – BKD)

About munir

Lihat Juga

BUPATI SERAH TERIMAKAN SK PANGKAT, PENGANGKATAN PERTAMA DALAM JABATAN FUNGSIONAL DAN SK PNS GGD

bkd.bondowosokab.go.id. Sebanyak 631 petikan SK kenaikan pangkat peroide 1 Oktober 2018, SK pengangkatan pertama dalam …