DINYATAKAN LOLOS, 263 PESERTA SEGERA PEMBERKASAN CPNS

Kepala BKD memberikan pengarahan terhadap peserta

bkd.bondowosokab.go.id. Setelah melalui perjuangan yang berat dan melelahkan akhirnya 263 peserta dinyatakan lolos tes rekrutmen CPNS tahun 2018 dari total 296 formasi yang ada di kabupaten Bondowoso.

263 orang yang dinyatakan lolos tersebut terdiri dari peserta yang berasal dari tenaga honorer K2 sebanyak 89 orang dan sisanya sebanyak 174 orang berasal dari formasi umum. Seluruh peserta hari ini (02/01/2019) mengikuti pengarahan teknis yang disampaikan oleh tim dari bidang pengadaan dan informasi kepegawaian di aula Antapura Nayaka Wibawa BKD Bondowoso.

Para Peserta Menerima Arahan Pemberkasan CPNS 2018

Seperti diketahui sebelumnya bahwa para peserta terutama yang berasal dari formasi umum sebelumnya  sudah melewati dua kali tes yakni seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Kini perjuangan berat terbayar lunas sudah, karena seluruh peserta yang lolos segera pemberkasan.

“Ini adalah anugerah yang sangat berarti bagi saudara-saudara, karena kebijakan pemerintah pada akhirnya lebih banyak berpihak kepada bapak ibu semua,” ungkap kepala BKD memberikan pengarahan. Kepala BKD menyebut bahwa tingkat kelulusan passing grade pada tahap SKD sangat kecil sehingga untuk memenuhi kebutuhan formasi panitia seleksi nasional memberlakukan kebijakan ranking dan penurunan passing grade baik untuk formasi khusus honorer K2 maupun untuk formasi umum sehingga secara kuantitas lebih banyak yang terekrut.

Hasil integrasi nilai SKD dan SKB serta beberapa pertimbangan lainnya sudah diumumkan di website bkd.bondowosokab.go.id beberapa hari sebelumnya.

Dalam kesempatan memberikan pengarahan dalam tiga sesi hari ini kepala BKD secara tegas menyampaikan bahwa dalam keseluruhan proses dari pemberkasan sampai nanti keluar dan penyerahan Surat Keputusan pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil tidak ada pembebanan biaya sepeserpun alias gratis.

Secara kronologis kepala BKD juga menyampaikan bahwa pemberkasan akan berlangsung dari tanggal 2 sampai 9 Januari mendatang, setelah dinyatakan lengkap akan segera diajukan ke Badan Kepegawaian Negara untuk diterbitkan nota persetujuan penerbitan nomor induk pegawai (NIP) dan segera akan ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Keputusan Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Disampaikan juga bahwa masa status sebagai CPNS adalah satu tahun sebelum kemudian para peserta akan dipanggil untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan prajabatan untuk kemudian dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pengarahan teknis pemberkasan selanjutnya disampaikan oleh bidang pengadaan dan informasi kepegawaian BKD Bondowoso. Menurut keterangan Ahmad Yulianto (Staf Pengadaan) beberapa berkas yang harus dipenuhi oleh peserta antara lain adalah surat lamaran, foto copy ijazah, beberapa surat pernyataan, surat keterangan catatan dari kepolisian, surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan, surat keterangan bebas narkoba, bukti pengalaman kerja dan beberapa persyaratan lain seperti foto dan copy KTP. “Seluruh berkas persyaratan dapat diunduh di website BKD Bondowoso,” pungkas Yulianto=== (Munir)

About munir

Lihat Juga

PASCA LIBUR DAN JELANG AKHIR TAHUN, TIM SIDAK DATANGI BEBERAPA OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Pasca hari libur nasional dan cuti bersama bulan Desember 2018, tim sidak kabupaten Bondowoso …