Breaking News

DIKLAT TEKNIS BENDAHARAWAN DAERAH RESMI DIBUKA SEKRETARIS DAERAH

bkd.bondowosokab.go.id. Pendidikan dan pelatihan teknis bendaharawan daerah pemerintah kabupaten Bondowoso tahun 2017 resmi dibuka Sekretaris Daerah. (25/09). Pembukaan Diklat berlangsung di aula Unit Pelaksana Teknis (UPT) Latihan Kerja dan Industri Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bondowoso. Prosesi pembukaan Diklat dihadiri oleh Kabid Diklat Kompetensi Badan Diklat Propinsi Jawa Timur dan para undangan yang terdiri dari kepala OPD peserta Diklat.

Dalam laporannya, kepala Badan Kepegawaian Daerah yang diwakili oleh Sekretaris (Drs. Juni Sukarno,MM) menyampaikan bahwa kegiatan diklat akan dilaksanakan selama 10 hari kerja dari tanggal 25 sampai dengan 5 Oktober 2017 dari pagi hingga malam (07.00 s/d 21.00 WIB).

Sekretaris Daerah Memberikan Sambutan dan Secara Resmi Membuka Diklat

Pembacaan Janji Peserta Diklat

Prosesi Pembukaan Diklat Juga Dihadiri Oleh Kepala OPD

Disampaikan pula bahwa tujuan diklat bendaharawan daerah adalah untuk meningkatkan kompetensi pengelola keuangan dan meningkatkan kemampuan  beradaptasi bendaharawan terhadap setiap perubahan regulasi yang terjadi. Disamping itu, diklat mempunyai tujuan untuk meningkatkan profesionalisme aparatur pengelola keuangan agar mempunyai ketrampilan dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel kepada atasan maupun kepada masyarakat.

Peserta diklat sebanyak 40 orang terdiri dari golongan III 16 orang dan golongan II sebanyak 24 orang dengan nara sumber terdiri dari Ikatan Akuntan Indonesia, Badan Diklat Propinsi, Badan Pengelola Keuangan dan Aset daerah, Inspektorat Kabupaten Bondowoso, Bappeda dan BKD Bondowoso.

Metode pelatihan seperti yang dilaporkan oleh Sekretaris BKD adalah kuliah, diskusi, study kasus, permainan peran (role playing), Instruksi bertahap (proggramed instruction), simulasi dan outbound.

Kepala Bidang Kompetensi dan Teknis dari Badan Diklat Propinsi Jawa Timur (Nawang Ardiani), menyampaikan bahwa diklat ini mempunyai peran penting dalam mendorong profesionalisme para bendahara.  Bendahara akan diberikan wawasan detil tentang tugas pokok, fungsi dan tanggungjawab. Bendahara juga harus memahami bagaimana  mengambil peran dan  memberikan andil dalam pembangunan good governance. “Tugas bendaharawan adalah tugas berat, oleh karena itu harus mengerti betul tugas dan kewenangannya,” tegas Nawang.

Merujuk kepada banyaknya persoalan hukum yang menimpa bendahara, kabid kompetensi dan teknis ini juga mengingatkan bahwa sebagai bendahara harus selalu update informasi tentang regulasi pengelolaan keuangan sehingga tidak terjerumus dalam masalah.

Sekretaris  daerah (Drs.H.Hidayat,MSi) juga mengingatkan bahwa, peran bendahara dalam penguatan fungsi organisasi sangat vital. “Berkat kinerja bendahara yang baik, selama ini pemerintah kabupaten Bondowoso telah beberapakali secara berturut-turut memperoleh predikat WTP dari BPK RI,” ungkap Sekda.

Mengakhiri sambutannya Sekda menyebut bahwa diklat bendahara mempunyai peran yang sangat penting dalam mendorong kompetensi bendahara dan pada gilirannya akan memberikan andil dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah kabupaten Bondowoso. Dalam kesempatan ini pula Sekda juga menyematkan tanda peserta kepada dua orang perwakilan peserta diklat.   (Munir)

About munir

Lihat Juga

PLT. SEKDA PIMPIN MONITORING TINGKAT KEHADIRAN PNS PASCA LIBUR HARI RAYA 2018

bkd.bondowosokab.go.id. Monitoring tingkat kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di kabupaten Bondowoso hari ini berlangsung serentak. …