Breaking News

DIKLAT DASAR SATPOL PP RESMI DIBUKA

bkd.bondowosokab.go.id. Pembukaan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) dasar satuan polisi pamong praja hari ini  resmi dibuka.              ( 2/11/2017). Upacara pembukaan diklat berlangsung di aula Balai Pendidikan dan Latihan Kerja Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bondowoso.

Hadir dalam upacara pembukaan antara lain, Sekretaris daerah, Kepala BKD Bersama beberapa kepala Bidang, kepala OPD, Camat se Kabupaten Bondowoso dan perwakilan dari Badan Diklat Propinsi Jawa Timur. Diklat diikuti oleh sebanyak 40 peserta  satpol PP yang ditugaskan di sekretariat pemerintah kabupaten  dan kecamatan.

 

Kepala BKD Memberikan Laporan

40 Peserta Diklat 

Penyematan Tanda Peserta Oleh Sekretaris Daerah

Dalam laporannya, kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) menyampaikan beberapa persoaalan yang melatarbelakangi kegiatan diklat antara lain karena berlakunya Permenpan RB Nomor 4 Tahun 2014 tentang jabatan fungsional polisi pamong praja, kian kompleknya permasalahan sosial dan kurangnya pemahaman personil satpol PP terhadap peraturan perundang-undangan. Diklat akan berlangsung selama 15 hari dari tanggal 2 sampai 17 Nopember 2017. Sedangkan kegiatan diklat bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap, profesionalisme dan kompetensi  personil satpol PP di kabupaten Bondowoso.

Nara sumber yang akan menjadi pemateri antara lain berasal dari : Satpol PP Propinsi Jawa Timur, Badan Diklat Propinsi, Polda Jawa Timur, Kodim 0822, Kepolisian Resort Bondowoso dan narasumber dari beberapa OPD yang terkait.

Dijelaskan oleh kepala BKD bahwa metode pelatihan dilaksanakan dengan kuliah/tatap muka, komfrensi, studi kasus dan outbound. “Kami berharap, diklat ini akan membawa manfaat baik bagi seluruh peserta maupun bagi pemeritah kabupaten Bondowoso, “ ungkap kepala BKD.

Sementara itu, perwakilan dari badan diklat propinsi jawa timur, dr. Sucipto, SH,.MSi menyampaikan apresiasi atas terselenggarakannya diklat untuk mendorong peningkatan profesionalisme dan kompetensi satpol PP. “Kita ini masuk dalam era generasi digital, kita harus bisa menyikapi perubahan dengan cepat, jika tidak maka kita akan digilas oleh perubahan itu sendiri,” ujar Sucipto.

“Kita juga memasuki era kematangan demokrasi dan pelayanan publik, sehingga suka atau tidak sebagai abdi masyarakat harus semakin professional dan humanis,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Drs. H. Hidayat, MSi), memaparkan pentingnya peningkatan kompetensi dan profesionalitas ASN. “Tugas satpol PP berkaitan dengan tugas pemerintah daerah dibidang keamanan dan ketertiban, sehingga peran satpol PP sangat vital untuk mengawal program pemerintah,” papar Sekda.

Sekda juga meminta semua peserta untuk terus memperbaharui informasi, terutama yang terkait dengan regulasi terbaru, “Terus update pengetahuan dan informasi agar para satpol PP dapat tanggap terhadap perubahan dan situasi baru,”ujar Sekretaris daerah memberikan wejangan.

Pada kesempatan ini Sekda mengetok palu tanda dimulainya kegiatan diklat dan menyematkan tanda peserta kepada salah satu perwakilan diikuti oleh seluruh peserta. (Munir)

About munir

Lihat Juga

PENEGAKAN DISIPLIN DALAM PELAKSANAAN CUTI BERSAMA PNS 2018

BERIKUT KAMI SAMPAIKAN SURAT EDARAN MENPAN-RB TENTANG PENEGAKAN DISIPLIN DALAM PELAKSANAAN CUTI BERSAMA PNS 2018 …