DIKLAT BENDAHARAWAN DAERAH : KASI PIDSUS KEJAKSAAN BERIKAN WAWASAN HUKUM

bkd.bondowosokab.go.id. Memasuki hari- hari akhir  pendidikan dan pelatihan Bendaharawan daerah kabupaten Bondowoso yang dilaksanakan sejak 25 September kemarin, hari ini (03/10) peserta diklat peroleh wawasan baru di bidang hukum. Pasalnya nara sumber yang memberikan materi adalah kepala seksi pidana khusus Kejaksaan Negeri Bondowoso (Moh.Fatin, SH). Kasi Pidsus yang ternyata  satu alumni dengan kepala BKD ini menyampaikan bahwa Bendahara adalah benteng pertama pencegahan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Didampingi langsung oleh kepala BKD kasi pidsus kejaksaan negeri Bondowoso memaparkan beberapa sektor rawan yang sering dijadikan ajang perbuatan korupsi. Fatin menyebut sektor pengadaan barang dan jasa sebagai sektor yang paling banyak peluang dilakukannya korupsi. Selain itu penyaluran dana bantuan sosial, dana desa dan manipulasi gaji termasuk sektor rawan lainnya.

“Bendahara bisa menjadi benteng terdepan dalam  mencegah percobaan perbuatan korupsi, bendahara harus berani menolak perintah/permintaan yang menyimpang dari ketentuan, “tegas kasi pidsus.

Sesi ini bener -benar dimanfaatkan oleh Kasi Pidsus untuk memberikan wawasan hukum tentang delik korupsi, penipuan, penggelapan dan delik lainnya yang berhubungan dengan tugas jabatan bendahara.

Endah Suryanawati AMD, salah satu peserta diklat menyampaikan ketertarikannya pada materi hukum hari ini. “Materi ini sangat penting agar para bendahara lebih paham rambu-rambu dalam pengeloaan keuangan, “pungkasnya.

Turut hadir dalam paparan  materi penting ini Sekretaris BKD, Kabid Promosi dan Mutasi, Kabid Penilaian Kinerja dan Penghargaan, Kabid Pengadaan dan Pengembangan serta Kabid Pendidikan dan Pelatihan. Diklat yang akan berakhir 5 Oktober mendatang masih menyisakan beberapa narasumber dan kegiatan outbound. (Munir)

About munir

Lihat Juga

BERITA FOTO : PAWAI PEMBANGUNAN 2018, BKD BONDOWOSO TURUN DENGAN FORMASI KEBHINNEKAAN

bkd.bondowosokab.go.id. Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 73 dan Hari …