DIIKUTI OLEH 86 PESERTA, BKD GELAR UJIAN DINAS PNS

BKD.Bondowoso.Info. Ujian Dinas tahun 2016 dilaksanakan sebagai salah satu proses kenaikan pangkat PNS yang berpangkat Pengatur Tingkat I Golongan Ruang II/d dan Penata Tingkat I Golongan Ruang III/d menuju pangkat setingkat lebih tinggi, Disamping harus memenuhi syarat yang ditentukan PNS yang akan naik pangkat harus pula lulus ujian dinas.

Pelaksanaan ujian dinas kali ini diikuti oleh 86 PNS yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi dan syarat lain yang ditentukan. Bertempat di aula Antapura Nayaka Wibawa Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bondowoso, ujian dinas dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB dan berlangsung hingga sore hari.
Ujian dinas dibagi dalam dua tingkat yakni ujian Dinas Tingkat I untuk kenaikan pangkat dari Pengatur Tingkat I, Golongan Ruang II/d menjadi Penata Muda, Golongan Ruang III/a yang diikuti oleh sebanyak 79 peserta dan ujian Dinas Tingkat II untuk kenaikan pangkat dari Penata Tingkat I, Golongan Ruang III/d menjadi Pembina, Golongan Ruang IV/a diikuti oleh 7 peserta. Satu orang peserta ujian dinas kali ini dinyatakan gugur karena tidak hadir tanpa konfirmasi yang jelas.

Enam petugas dari kantor regional II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Surabaya hadir sebagai tim pengawas sekaligus panitia pelaksanaan ujian dinas. Dalam pengarahan sebelum ujian dimulai ketua tim menyampaikan tata tertib dan pengarahan singkat. “Jangan anggap ujian dinas sebagai formalitas semata. Ujian dinas ini dilaksanakan untuk mengukur kemampuan, kompetensi dan kelayakan peserta untuk dinaikkan pangkatnya, mengingat kenaikan pangkat adalah bukan hak tapi lebih merupakan pengghargaan bagi PNS,” ungkap ketua tim BKN.

Materi yang diujikan dalam ujian dinas hari ini terbagi menjadi 7 kelompok. Mulai dari materi Perundang- undangan, Rencana jangka menengah dan panjang, peraturan kepegawaian, Korpri, perkantoran , tupopksi dan tata kelola instansi, politik dalam dan luar negeri serta ujian wawancara yang dilaksanakan pada sesi akhir.

Kepala Bidang Pengembangan dan Diklat BKD Bondowoso (Drs. Juni Sukarno,MM) menyampaikan bahwa ujian dinas kali ini adalah kesempatan yang sangat berharga bagi seluruh peserta pasalnya belum tentu pada tahun yang akan datang kembali bisa dilaksanakan. “ Saya himbau kepada seluruh peserta agar bersungguh – sungguh mencermati tata tertib dan mengerjakan soal ujian dengan serius, jujur dan teliti, “ pungkas Juni Sukarno (Munir-BKD)

About munir

Lihat Juga

PLT SEKDA HADIRI SOSIALISASI PERATURAN KEPEGAWAIAN 2018 DI DUA KECAMATAN

bkd.bondowoso.go.id. Sosialisasi Peraturan Kepegawaian tahun anggaran 2018 kali ini terasa lebih istimewa. Pasalnya dalam dua …