Di Hadapan Bupati & Kepala SKPD : BKD sampaikan Hasil Monev 2014 & Kebijakan Umum Kepegawaian

 

BKD-Bondowoso, Bertempat di Pendopo Kabupaten Bondowoso, Senin siang (02/02/2015),  acara Penyampaian Informasi Umum Kebijakan Kepegawaian dan  Hasil Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kepegawaian Tahun Anggaran 2014 dipaparkan  di hadapan Bupati dan Kepala SKPD se Kabupaten Bondowoso.

Di awal pemaparannya kepala BKD Bondowoso (Drs. Agus Salam, SH. MSi)- menyampaikan kondisi umum kepegawaian di wilayah kabupaten Bondowoso, beliau menyimpulkan bahwa secara kwantitas jumlah pegawai terutama jabatan fungsional tertentu seperti guru, tenaga medis, paramedis dan tenaga penyuluh masih kurang. Belum lagi jika diperhitungkan dengan proyeksi pegawai yang segera memasuki batas usia pensiun. “Sampai 2019 kita akan kekurangan ribuan tenaga fungsional tertentu, dengan asumsi tidak ada rekrutmen CPNS lima tahun ke depan,”pungkas Agus Salam.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah ini, Kepala BKD menyampaikan secara detil hasil Monev yang menyasar pada tenaga fungsional guru di lingkup dinas pendidikan dan dilaksanakan sepanjang 2014 yang lalu. Disampaikan bahwasanya Monev 2014- salah satunya bertolak dari atensi  yang diberikan oleh Komisi I DPRD terhadap  kondisi tenaga fungsional pendidik di seluruh wilayah kabupaten Bondowoso.

Potret ril beserta seluruh persoalan yang melingkupi dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Bondowoso, menjadi jelas ketika pemaparan sampai pada rekapitulasi hasil monev.  Banyak temuan yang dapat dijadikan bahan evaluasi untuk upaya perbaikan ke depan. Baik masalah sinkronisasi data, persoalan kekurangan tenaga guru, aneka pelanggaran disiplin, PNS bermasalah yang tidak kunjung tertangani dan banyak lagi persoalan termasuk perbedaan data yang muncul akibat penempatan yang tidak sesuai dengan surat keputusan yang berwenang.

Dalam kesempatan yang sama Agus Salam juga memaparkan tentang paradigma baru menajemen pengelolaan pegawai terutama yang berkaitan dengan pengisian jabatan tinggi di daerah  yang harus dikoordinasikan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sesuai dengan undang- undang Nomor. 5 tahun 2014 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi
Nomor 13 Tahun 2014.

Sementara itu Bupati Bondowoso (Drs. H. Amin Sa’id Husni) dalam kesempatan memberikan evaluasi terhadap laporan kepala BKD menyampaikan apresiasi dan ungkapan terimakasih terhadap apa yang sudah dihasilkan  oleh tim monev. “Ada beberapa catatan dan poin penting dalam upaya menyusun langkah perbaikan ke depan, sebab apa yang disampaikan oleh kepala BKD menunjukkan masih banyaknya  celah dan kelemahan yang harus dibenahi pada sisi human resources,” ujar Bupati mengawali sambutan.

Bupati juga menyampaikan bahwa paparan ini disampaikan di depan semua kepala SKPD agar menjadi perhatian bersama bahwa semua mempunyai tanggungjawab untuk membina SDM di satuan kerja masing masing – sebagai komponen penting dari struktur organisasi, agar dapat berfungsi sesuai dengan harapan. “SDM akan memperkuat struktur atau sebaliknya akan menjadi beban dan  melemahkan struktur manakala SDM menggerogoti sistem karena tidak disiplin, tidak kompeten dan tidak bekerja secara profesional,” tukas Bupati.

Secara khusus Bupati meminta agar hasil monev dijadikan bahan introspeksi bagi semua, termasuk Inspektorat dan kepala SKPD lain agar segera dilakukan langkah- langkah untuk mengeliminir berbagai temuan terutama yang berkaitan dengan disiplin dan kinerja pegawai. Terhadap menumpuknya tenaga sukarelawan (Sukwan)  Bupati juga meminta bahwa jangan sampai ini menjadi bom waktu yang sewaktu- waktu bisa meledak dan menyulitkan semua pihak.

Menanggapi trend angka perceraian yang meningkat dari tahun ke tahun, Bupati juga memerintahkan BKD segera mengefektifkan fungsi bimbingan dan konseling yang secara resmi sudah terbentuk. Dan di akhir sambutannya Bupati Amin meminta para Camat agar senantiasa mencermati keadaan di wilayah masing-masing menghadapi potensi bencana mengingat hampir seluruh wilayah Bondowoso masuk dalam katagori rawan bencana. “Saya minta kepada seluruh camat untuk memberikan laporan  pada kesempatan pertama, jika ada peristiwa bencana,” demikian Bupati menutup sambutan. —(pewarta BKD melaporkan)

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …