DALAM UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL, SEKDA SERAHKAN SK CPNS GGD DAN SK KP GOLONGAN IV.

bkd.bondowosokab.go.id ~ Disaksikan langsung seluruh undangan dan peserta upacara Hari Kesadaran Nasional, Sekretaris Kabupaten Bondowoso, Drs. H. Hidayat M.Si menyerahkan secara simbolis SK Pengangkatan sebagai CPNS bagi Guru Garis Depan (GGD) yang bertugas di wilayah kabupaten Bondowoso.

Penyerahan 32 SK CPNS Guru Garis Depan (GGD) dilaksanakan di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Bondowoso dalam Upacara Bendera memperingati Hari Kesadaran Nasional, Senin (18/9).

Tampak hadir dalam kursi undangan antara lain Kapolres, Dandim, Dharma Wanita Persatuan dan anggota Forpimda lainnya.  Selain itu hadir juga kepala seksi Mutasi Instansi antar Kabupaten/Kota dari Kantor Badan Kepegawaian Regional II Surabaya (Drs. Suparno,MM).

Tiga Puluh dua (32) GGD akan ditempatkan di sejumlah daerah terpencil Bondowoso seperti SDN Solor 2, SDN Penang 3 dan sekolah dasar lain yang letaknya jauh dengan medan sulit dijangkau.

Guru Garis Depan (GGD) yang berasal dari berbagai pelosok Indonesia memang disiapkan untuk berkhikmat dan mengabdi di daerah terpencil. Sebelum lulus dan menerima SK CPNS, mereka terlebih dahulu harus mengabdi dan menjadi guru profesional melalui Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T)

Sebagai informasi, Untuk menjadi Guru Garis Depan (GGD) tidaklah mudah, karena banyak rentetan/ tahap seleksi yang harus dilalui. Berikut adalah alur untuk menjadi Guru Garis Depan (GGD):

  • Lulusan dari LPTK
  • Mengikuti seleksi program SM-3T (administrasi, tes online, wawancara, prakondisi)
  • Pengabdian selama 1 tahun di daerah 3T (pedalaman Indonesia)
  • Mengikuti program PPG berasrama selama 1 tahun (beasiswa)/keempat kategori lainnya
  • Tes UTL dan UTN (mendapat sertifikat pendidik)
  • Tes CPNS formasi khusus SM-3T (memilih formasi umum juga boleh)
  • Dinobatkan sebagai GGD (PNS, sertifikasi, mendapat tunjangan fungsional, dan asuransi).

“Berikan semangat pengabdian terbaik bagi masyarakat agar saudara dapat memberi andil terhadap pemerataan kualitas pendidikan di wilayah kabupaten Bondowoso,” papar Sekda.

Sekda juga mengatakan bahwa GGD adalah orang-orang pilihan yang diharapkan segera dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di Bondowoso. GGD juga disebut sebagai tenaga pendidik yang mempunyai kompetensi dan militansi sehingga dapat bertahan lebih lama untuk mengabdi meski di lokasi sulit sekalipun.

Selain penyerahan SK CPNS GGD, pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis SK Kenaikan Pangkat untuk golongan IV sebanyak 113 PNS. Penyerahan sercara langsung SK kenaikan pangkat ini dikandung maksud untuk memangkas jalur birokrasi dan memotivasi PNS untuk terus berkarya dan berinovasi dalam bidang tugas masing-masing. Total penerima SK kenaikan pangkat golongan IV adalah 113 PNS terdiri dari rumpun pendidikan, kesehatan dan administrasi. Sedang proses verifikasi terhadap usulan kenaikan pangkat otomatis periode Oktober 2017 masih terus berjalan dan diharapkan akhir bulan september sudah selesai.

Setelah upacara usai, baik GGD maupun PNS Golongan IV menerima SK secara langsung yang dibagikan oleh Panitia. (Yuli)

About ahmad yulianto

Lihat Juga

DIKLAT TEKNIS BENDAHARAWAN DAERAH AKHIRNYA DITUTUP

bkd.bondowosokab.go.id. Pendidikan dan pelatihan teknis bendaharawan daerah akhirnya ditutup (05/10). Diklat  teknis berjalan selama 10 hari …