2

BONDOWOSO “MELESAT” ON PROGRESS, WABUP BONDOWOSO AJAK BEBERAPA OPD STUDI REFERENSI

bkd.bondowoso.go.id. Visi Bondowoso “Melesat” pemerintah kabupaten Bondowoso tengah mulai mencari jalan menuju sukses. Dimotori oleh wakil Bupati (H.Irwan Bachtiar Rachmat, SE,.MSi) Bondowoso nampak mulai menggeliat. Ini nampak dari gebrakan penuh energi dari wakil bupati yang begitu bersemangat menggenjot seluruh elemen  aparturnya untuk menggeber laju birokrasi sebagai pelaksana kebijakan pemerintah. Wakil Bupati menginginkan Bondowoso melakukan percepatan dalam banyak hal  mengejar ketertinggalan.

Jum’at (3/05), bersama beberapa pejabatnya wakil bupati bertandang ke dua kabupaten sekaligus. Karangasem dan Badung adalah dua kabupaten yang kali ini menjadi sasaran studi referensi. Pasalnya dua kabupaten ini memiliki level keunggulan  dan menjadi fokus  yang tengah digagas di kabupaten Bondowoso.

 

Turut serta dalam rombongan antara lain, Inpspektur (Ir. Wahjudi Triatmadji), Asisten Administrasi Umum (Wawan Setiawan, SH,.MH), Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Dr.Agus Suwardjito,M.Kes), Kepala BKD (Alun Taufana Sulistiyadi,S.Sos), Kepala Dinas Pendidikan (Drs.Harimas,MSi), Kepala Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan ( Drs.Sigit Purnomo, MM, Kepala Satpol PP (Aries Agung Sungkowo, SH), Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Mohammad Tamin, SH,.MM), Kepala Bagian Organisasi (Slamet Yantoko, S,Sos,MM), dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Taufan Restuanto, SPd,MSi) serta 5 orang camat serta beberapa pejabat lain dari beberapa OPD lainnya.

Diterima oleh wakil bupati Karangaasem (I Wayan Artha Dipa , SH,.MH) rombongan dari kabupaten Bondowoso beraudiensi dengan beberapa pajabat pemkab Karangasem. Wakil bupati Karangasem menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan wakil bupati Bondowoso beserta rombongan. “Saya sampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan wakil bupati Bondowoso yang telah menjadikan kabupaten Karangasem sebagai tujuan referensi,”ungkap Wayan Artha. Sebaliknya wakil bupati Bondowoso juga memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas sambutan dan kesediaan jajaran pimpinan kabupaten Karangasem yang telah sudi menerima dan menjadi tujuan study referensi.

Di kabupaten Karangasem seluruh rombongan dari Bondowoso menerima paparan tentang penataan kelembagaan dari salah satu pejabat yang ditugasi. Seperti diketahui bahwa kabupaten Karangasem berhasil melakukan penataan kelembagaan sehingga terjadi efisiensi yang sangat signifikan dan menjadi rujukan banyak kabupaten/kota. Acara diakhiri dengan diskusi intens antar pejabat yang membidangi untuk menggali sebanyak mungkin informasi yang dapat diimplementasikan di kabupaten Bondowoso.

Acara di Karangasem diakhiri dengan saling tukar cinderamata antara Wakil Bupati Bondowoso dengan Wakil Bupati Karangasem

Saling Tukar Cinderamata antara Wabup Bondowoso dan Karangasem

Usai acara di Karangasem rombongan bergeser ke kabupaten Badung. Di kabupaten ini seluruh rombongan  Bondowoso juga diterima langsung oleh I Ketut Suiasa (Wakil Bupati Badung). Dipandu oleh I Made Agus Aryawan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Wabup Irwan bersama seluruh rombongan sempat mengelilingi dan memasuki seluruh counter pelayanan yang ada di mall pelayanan publik (MPP) lantai satu.

Wabup Bondowoso bersama beberapa ka.OPD, menerima penjelasan tentang MPP

Seluruh rombongan dari Bondowoso tampak takjub melihat kemewahan dan kecanggihan pelayanan yang tersedia di MPP Badung. Semua petugas MPP nampak berpenampilan menarik, humanis dan professional melayani masyarakat.

Menurut keterangan Agus Aryawan, sampai saat ini sudah ada 25 counter pelayanan, baik dari OPD yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat maupun dari BUMN/BUMD termasuk layanan keimigrasian, pertanahan, kejaksaan dan kepolisian serta salah satu maskapai penerbangan terkemuka di Indonesia.

Dalam sambutan membuka sesi pertemuan di lantai tiga, wabup Ketut Suiasa membuka ruang yang selebar-lebarnya bagi pemkab Bondowoso jika ingin mendapatkan informasi detil tentang MPP. “Saya persilahkan untuk pemkab Bondowoso jika ingin mereplikasi apa yang sudah kami lakukan,” ungkap wabup Ketut Suiasa.

Dalam kesempatan ini juga wabup Bondowoso kembali menyatakan tekad bulatnya untuk segera membangun Mall Pelayanan Publik di Bondowoso. “Saya ucapkan terimakasih atas sambutan dan kesediaan pemkab Badung, kami akan belajar banyak dan mengadopsi seluruh sistem dan metode yang telah berhasil menunjang keberhasilan  kabupaten Badung terutama dalam pembangunan MPP,” pungkas  Wabup Irwan.

Saling Tukar Cinderamata antara Wabup Bondowoso dan Kab.Badung

Acara di kabupaten Badung akhirnya usai, dan diakhiri dengan saling tukar cindera mata antara keduabelah pihak. (Munir)

    << [/content_bar_item] [/content_bar]