Piagam untuk BKN sebagai Juara Pertama Utilisasi Barang Milik Negara (Foto : Kis)

BKN Tambah Deretan Prestasi, Raih Juara Pertama Utilitasi BMN

Jakarta-Humas BKN, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meraih predikat juara pertama kategori Utilitasi Barang Milik Negara (BMN) untuk kelompok Kementerian/lembaga yang memiliki 11 sampai 100 satuan kerja (Satker). Penghargaan atas prestasi ini diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Bambang Brojonegoro pada acara Refleksi dan Apresiasi Pengelolaan BMN yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di Gedung Dhanapala yang diterima langsung oleh Kepala Biro Umum BKN Heru Purwaka, Senin (2/11). Acara ini melibatkan 85 kementerian/lembaga yang masing-masing kategori dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan jumlah Satker. Pembagian itu meliputi : kelompok I untuk instansi yang memiliki 1 – 10 satker; Kelompok II, instansi yang memiliki 11 – 100 satker; dan kelompok III , K/L yang memiliki lebih dari 100 Satker.

Selain kategorisasi Utilitasi BMN, kategori lainnya adalah Kepatuhan Pelaporan BMN, Pelaksanaan Sertifikasi BMN, dan Tata Kelola Berkesinambungan, Kolaborasi Pengelolaan BMN, dan Bandha Tadya Abiwada, yakni penghargaan kepada K/L yang secara konsisten mempertahankan performa dalam pengelolaan BMN ditandai dengan diperolehnya penghargaan selama tiga tahun berturut-turut dengan ketentuan belum pernah mendapatkan penghargaan yang sama sebelumnya.
IMGM1933

Piagam untuk BKN sebagai Juara Pertama Utilisasi Barang Milik Negara (Foto : Kis)

Penilaian penghargaan ini didasarkan pada data kinerja pengelolaan BMN tahun 2014. Data tersebut dikumpulkan dari data internal di Kementerian Keuangan dan Kementerian /Lembaga. Data tersebut berupa :

1. Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2014 (audited)
2. Laporan Barang Milik Negara tahun 2014 (audited)
3. Data Kinerja Pengelolaan Barang Milik Negara
4. Data sertipikasi Barang Milik Negara berupa tanah pada aplikasi SIMANTAP.
Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Kementerian Lembaga Tahun 2014, berupa:
– Opini pemeriksaan
– Temuan pemeriksaan BPK terkait pengelolaan Barang Milik Negara.

Penghargaan ini menambah deretan prestasi BKN setelah sebelumnya BKN berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK berturut-turut sejak 2009, Mendapatkan penghargaan instansi terbaik dalam penyerapan anggaran semester pertama tahun 2015, dan mendapatkan pengakuan internasional dengan diraihnya penghargaan ASEAN Public Sector Organization of the Year pada ajang Future Gov Award se-Asia Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia untuk pelayanan Computer Assisted Test (CAT) . Semoga kedepan BKN bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih dan menambah prestasi yang belum diraih agar kedudukan dan fungsi lembaga ini kian gemilang. Bravo BKN! fuad

About munir

Lihat Juga

BIDAN EKS PTT KEMENKES MENJADI PESERTA PEMBEKALAN HARI KE DUA

bkd.bondowosokab.go.id. Pembekalan bagi PNS yang akan diambil sumpah memasuki hari ke dua (13/11). Masih di …