Breaking News

BKD Sosialisi Kenaikan Pangkat kepada Pejabat Fungsional

bkd.bondowosokab.go.id Kegiatan verifikasi berkas pendukung Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK) kembali akan dilakukan. Hari ini, Senin (25/9) bertempat di Aula Antapura Nayaka Wibawa, sejumlah pejabat fungsional diundang BKD Bondowoso untuk mendapatkan sosialisasi kenaikan pangkat bagi pejabat fungsional yang akan mengajukan kenaikan pangkat periode April 2017.

Mewakili Kepala BKD Bondowoso (Wawan Setiawan, SH, MH) yang berhalangan hadir karena dinas luar daerah, Sekretaris BKD Bondowoso (Drs. Juni Sukarno, MM) menyampaikan salam dan pesan Kepala BKD kepada peserta sosialisasi. Dalam pesannya, Sekretaris BKD menegaskan bahwa kegiatan verifikasi pendukung DUPAK tidak berarti menilai angka kredit.

“Kewenangan menilai dan menetapkan angka kredit tetap menjadi domain Dinas terkait. BKD hanya melakukan verifikasi terhadap berkas pendukung DUPAK pejabat fungsional,”tutur Sekretaris BKD.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan BKD (Alun Taufana Sulistyadi, S.Sos) turut menambahkan bahwa tujuan utama verifikasi berkas pendukung DUPAK adalah untuk membantu tertib administrasi kenaikan pangkat.

“Dengan adanya verifikasi, BKD memperoleh data pejabat fungsional yang akan mengajukan kenaikan pangkat, terang Kabid Mutasi dan Kepangkatan. “Setiap pejabat fungsional harus bisa menyusun DUPAK-nya sendiri. Karena untuk kenaikan pangkat pejabat fungsional bersifat mandiri, artinya setiap pejabat fungsional bisa mengajukan kenaikan pangkat asalkan kumulatif angka kredit untuk naik pangkat sudah terpenuhi.”ujarnya.

Secara umum, Kabid Mutasi dan Kepangkatan BKD menggambarkan alur verifikasi sampai terbitnya SK PAK dan SK Kenaikan Pangkat. “Komitmen kami bersama BKN, bulan Desember seluruh berkas pejabat struktural maupun fungsional yang mengajukan kenaikan pangkat periode April 2018 sudah 100% terkirim. Sehingga, awal Januari pejabat yang bersangkutan bisa menerima SK Kenaikan Pangkatnya.”  Harap Kabid Mutasi dan Kepangkatan kepada peserta sosialisasi.

Sedangkan Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian (Moh. Hasan Suryadi, SE, M.Si) menjelaskan tentang Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO). Kabid Pengadaan dan Informasi Kepegawaian menekankan bahwa kenaikan pangkat bukan hak PNS melainkan penghargaan. Khusus pejabat fungsional, kenaikan pangkat masih menunggu hasil penilaian  Angka Kredit dari Sekretariat Tim Penilai Angka Kredit yang dituangkan dalam SK Penetapan Angka Kredit (PAK).

Untuk verifikasi berkas pendukung DUPAK sendiri akan dilaksanakan setelah semua pejabat fungsional mendapatkan sosialisasi. Nantinya, pejabat fungsional cukup membawa berkas Penilaian Kinerja Guru (PKG) beserta kelengkapan berkas lainnya. Setelah semua berkas diverifikasi, pejabat fungsional akan mendapatkan berita acara yang memuat keterangan bahwa berkas pendukung DUPAK sudah memenuhi syarat untuk diajukan ke Tim/Sekretariat Penilai Angka Kredit. (yulianto)

About ahmad yulianto

Lihat Juga

SURAT EDARAN JAM KERJA SELAMA BULAN SUCI RAMADHAN 1439H

Berikut Kami Sampaikan Surat Edaran  Tentang Jam Kerja Bulan Ramadhan 1439H/2018.           CLICK TAUTAN INI!!!