FUN BIKE JUMAT

BKD, on The Road Cycling (Edisi ke-2)

 

BKD.Bondowoso-Inka, Kali ini ke daerah Pemandian Tasnan, Kecamatan Grujugan. Kami melanjutkan kegiatan rutin mingguan ini dengan semangat yang sama seperti  2 pekan  lalu. Setelah rehat seminggu karena Jum’at lalu merupakan hari libur, hari ini kami mengawali lagi kegiatan bersepeda bersama keluarga besar BKD Kabupaten Bondowoso. Sama halnya dengan kegiatan bersepeda sebelumnya, Kepala BKD masih tetap menjadi kapten perjalanan hari ini. Bukan hanya jumlah personel yang lebih banyak,  kegiatan bersepeda kami hari ini juga menempuh rute yang lebih jauh.

Dengan semangat mencari suasana baru, rute yang kami tempuh pada pagi hari ini sedikit berbeda dengan perjalanan kami sebelumnya. Tanjakan dan turunan yang kami lalui lebih bervariasi karena topografi jalan perkotaan lebih mendominasi. Seperti biasa, Start di Kantor BKD, kami mulai mengayuh pedal menyusuri daerah perkotaan mulai dari Kademangan, Tamansari, Sukowiryo, Pemandian Tasnan, Grujugan, Koncer, Tenggarang, hingga kembali ke garis finish di Kantor BKD. Jika  sebelumnya rute kami banyak dihiasi dengan bentang sawah dan pepohonan sengon di Taman Krocok, kali ini perjalanan kami lebih banyak dihiasi dengan pepohonan jati dan pinus yang membentang sepanjang daerah Pancuran dan Pemandian Tasnan, sungguh pemandangan alam Bondowoso yang cukup memanjakan mata dan pikiran – setelah satu minggu letih bekerja…

 

Ritual wajib yang tentunya tak boleh kami tinggalkan pada setiap kesempatan bersepeda adalah makan bersama. Ya…, walau terkesan sederhana dan sepele, ritual ini penting untuk memupuk rasa korsa pada korps Pegawai BKD Kabupaten Bondowoso. Tak ada istilah Kaban, Sekban, Kabid, Kasubid, ataupun staf, semua menyantap makanan yang sama – nasi bungkus  berlauk telur dadar, tempe, sayur dan sambal sebagai pelengkapnya. Hutan pinus di area sekitar Pemandian Tasnan menjadi tempat pilihan kami untuk melahap bekal yang kami bawa.

 

Tak terasa, matahari pun mulai beranjak naik dan semakin terasa sengatnya di pori-pori kulit, kami pun bergegas kembali ke kantor selepas menyelesaikan santapan pagi di kerindangan hutan pinus. Perjalanan pulang ternyata tak seberat perjalanan kami berangkat, jalan berupa turunan panjang lebih mendominasi sehingga memperingan kayuhan pedal kami menuju garis finish. Alhamdulillah, kami pun sampai, tanpa adanya kendala yang berarti. Kegiatan rutin mingguan ini sangat sederhana namun begitu bermakna bagi kami. (Catatan Kecil – Ahmad Oktabri W. – Pewarta BKD)

About munir

Lihat Juga

SHOLAWAT & PENGAJIAN RUTIN JELANG RAMADHAN

bkd.bondowosokab.go.id. Sholawat dan pengajian rutin kali ini tidak seperti biasa. Rutinitas yang biasa dilaksanakan tiap …