BERSAMA UNIBO – KOORDINASI PENANGANAN IJAZAH PALSU.

Bkd-Bondowoso-Inka. Sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 03 Tahun 2015 tentang Penanganan Ijazah Palsu Aparatur Sipil Negara/TNI/Polri di Lingkungan Instansi Pemerintah hari ini Rabu (01/07/2015) – BKD Bondowoso pemprakarsai Rapat Koordinasi bersama Inspektorat, Bagian Hukum dan perwakilan dari salah satu Universitas di Bondowoso (Unibo). Rapat juga diikuti oleh Sekretaris BKD, Sekretaris Inspektorat dan seluruh Kepala Bidang di BKD.

Rapat dibuka oleh kepala BKD (Wawan Setiawan, SH,.MH) dengan paparan seputar latarbelakang munculnya surat edaran Menpan dan RB yang selama beberapa pekan terakhir cukup menghebohkan jajaran birokrasi, pasalnya sebagai mana isu yang berkembang – ada tengara kuat bahwa banyak apartur pemerintah yang terindikasi menggunakan ijasah palsu sehingga muncul surat edaran yang merekomendasikan 5 langkah konkrit bagi pihak yang menangani fungsi kepegawaian untuk segera melakukan penelitian terhadap keaslian ijazah anggota ASN/TNI/Polri.

Persoalan konflik internal berkepanjangan yang pernah terjadi di Unibo juga menjadi atensi, pasalnya pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso merupakan user terbesar dari alumni Unibo sejak berdiri pada tahun 1981 silam. Unibo kian menjadi pusat perhatian karena posisi terakhir ternyata berstatus non aktif.
Untuk mengklarifikasi semua informasi yang berkembang pihak Unibo melalui Dekan Fakultas Hukum memberikan penjelasan detil perihal rencana aksi yang tengah dilakukan oleh pihak rektorat agar Unibo kembali dapat diaktifasi menuju normalisasi kegiatan akademik.

“ Pasca unifikasi kami telah melakukan segala upaya untuk menyelamatkan Unibo baik institusi maupun mahasiswa, baik yang masih aktif maupun sudah lulus. Ada jaminan dari pihak rektorat bahwa semua mahasiswa yang lulus pada periode konflik akan terselamatkan. Karena sudah ada koordinasi dan perintah dari Kopertis untuk melakukan langkah-langkah sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan,” papar Lilik menjelaskan sembari merujuk pada surat dari Kopertis terhadap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Ristek dan Dikti perihal Laporan Kasus dan Penyelesaian Sengketa Unibo.

Dalam kesempatan yang sama, Inspektur Kabupaten Bondowoso juga memberikan apresiasi dan dorongan terhadap upaya perbaikan komprehensif terhadap persoalan yang membelit unibo sebagai salah satu perguruan tinggi kebanggaan Bondowoso. Beliau berharap bahwa dengan munculnya rektor baru, seluruh organ internal Unibo dapat mempertahankan suasana rekonsiliasi sehingga dapat mereduksi keresahan mahasiswa dan para alumni. “ Saya akan dorong staf saya untuk kuliah di Unibo untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, “ pungkas Inspektur optimis.
Lima kesimpulan hasil rapat koordinasi yang disampaikan oleh kepala BKD antara lain :
1. Bahwa rapat hari ini adalah untuk membangun persamaan persepsi untuk mencari formula penyelesaian terbaik terkait dengan legalitas ijazah Unibo yang tengah dipersoalkan dan menutup kemungkinan terpenuhinya unsur- unsur ijazah menjadi palsu;
2. BKD dan Inpektorat mendorong rencana aksi yang sudah disusun agar semua kerisauan segera berakhir;
3. Pemerintah daerah berharap pihak Unibo segera bersurat ke Bupati Bondowoso Cq. BKD Bondowoso – terkait dengan penyelesaian masalah alumni pada periode konflik ( 2010 – 2014) untuk bisa segera ditindaklanjuti oleh BKD dengan surat edaran ke seluruh SKPD agar seluruh alumni pada periode tersebut melakukan registrasi.
4. Pemerintah daerah ikut mendorong Unibo untuk segera menyelesaikan persoalan administratif terkait dengan update data pada Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT);
5. BKD siap memberikan fasilitasi jika dibutuhkan dengan menyediakan data pegawai alumni Unibo.

Untuk penanganan kemungkinan adanya ijazah palsu yang berasal dari perguruan tinggi lain di luar Unibo yang terkait dengan ASN di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bondowoso – juga akan dilakukan upaya serius untuk segera dilakukan penelitian dan langkah-langkah lain sesuai dengan surat edaran Menpan dan RB. (Munir- Pewarta BKD)

About munir

Lihat Juga

UPDATE DATA SIMPEG DAN BEZZETING, BKD UNDANG SELURUH OPERATOR OPD

bkd.bondowosokab.go.id. Data seluruh ASN Bondowoso dalam Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) harus selalu dimutakhirkan, disesuaikan keadaan …