BERSAMA BANK JATIM DAN PT.TASPEN, BKD SOSIALISASIKAN ADMINISTRASI PENSIUN DAN KREDIT PRA PENSIUN

bkd.bondowosokab.go.id.  Sekretaris BKD Bondowoso (Drs.Apil Sukarwan) membuka sosialisasi bagi PNS menjelang pensiun. Kali ini sosialisasi mengandeng Bank Jatim selaku mitra Pemerintah Kabupaten Bondowoso dan PT. Taspen persero Jember.

Dalam sambutannya sekretaris BKD menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya sosialisasi antara lain memberikan pemahaman kepada calon pensiun tentang hak dan kewajiban, penjelasan seputar inovasi pelayanan dari PT. Taspen dan berbagai fasilitas yang akan ditawarkan oleh Bank Jatim.

“Kami berharap,bapak/ibu setelah ini lebih memahami alur penetapan pensiun dan lebih mempunyai wawasan tentang prosedur pelayanan dari PT. Taspen dan Bank Jatim,” ujar Sekretaris BKD.

Sementara itu perwakilan dari PT. Taspen menyampaikan informasi tentang asuransi jaminan sosial seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Disampaikan bahwa PT. Taspen mempunyai motto layanan 5 tepat antara lain tepat orang, waktu, jumlah, tempat dan tepat administrasi. Detil peratuan pemerintah nomor 70 tahun 2015 tentang JKK dan JKM juga dikupas tuntas dengan harapan para perserta sosialisasi dapat memperoleh informasi menyeluruh.

Sujoko, S.Sos selaku nara sumber dari Badan  Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) memberikan wawasan tentang prosedur pengurusan SKPP ( Surat Keterangan Penghentian Pembayaran), dijelaskan bahwa SKPP harus diusulkan dari OPD masing-masing dan dapat diselesaikan dalam waktu satu hari kerja sepanjang persyaratan lengkap dan benar. “ Penerbitan SKPP secara kuantitatif relatif bagus dan mencapai  97% namun secara kualitatif kurang baik karena sering terlambat, sehingga gaji pensiun juga terlambat di proses di PT. Taspen,” ungkap Sujoko. Sujoko juga menjelaskan bahwa keterlambatan gaji pensiun biasanya diakibatkan karena keterlambatan pengurusan SKPP dan minimnya pemahaman PNS tentang prosedur pensiun.

Pada sesi akhir, Kepala Bank Jatim Cabang Bondowoso kebagian memberikan penjelasan tentang fasilitas kredit pensiun plus yang dapat dinikmati oleh para PNS menjelang pensiun dengan berbagai kemudahan layanan dan tawaran menarik lainnya. (Munir)

 

About munir

Lihat Juga

BIDAN EKS PTT KEMENKES MENJADI PESERTA PEMBEKALAN HARI KE DUA

bkd.bondowosokab.go.id. Pembekalan bagi PNS yang akan diambil sumpah memasuki hari ke dua (13/11). Masih di …